Alokasikan Dana Desa, Nagari Mandeh Bangun Perpustakaan Nagari

  • Bagikan
Foto : Pengalokasian Dana desa untuk Perpustakaan Nagari

Pesisir Selatan – Pemerintahan Nagari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir selatan mengalokasikan dana desa (DD) untuk pembangunan perpustakaan dan pembelian buku bacaan yang nantinya Pustaka Nagari ini bisa dinikmati oleh masyarakat nagari setempat.

Wali Nagari Mandeh, Mushendri menjelaskan pembukaan pustakaan ini sengaja dibuat agar pengetahuan masyarakat semakin bertambah, Selasa 15 Juni 2021.

Ditambahkannya, pengadaan buku bacaan ini masih sedikit, namun setiap tahunnya akan terus dialokasikan melalui dana desa untuk menambah aneka buku bacaan. Sehingga pengetahuan masyarakat semakin komplit.

Kedepannya pihak kenagarian akan mengharapkan pihak swasta untuk ikut berpartisipasi untuk perkembangan pustaka nagari.

“Selain membangun Pustaka, kenagarian juga menyelesaikan pembangunan lainnya diantaranya pembangunan sarana dan prasarana masyarakat lainnya, Kita berharap ini bisa segera di selesaikan,” harapnya.

Baca Juga :  Sambut Ramadan, Masyarakat Painan Balimau Paga

Sementara Kepala Dinas Pustaka dan Arsip Pessel, Mawardi Roska mengapresiasi pembangunan pustaka di Nagari dengan harapan ini akan mampu menambah pengetahuan warga dari berbagai bidang seperti pengolahan hasil tangkap ikan,pertanian dan lain lainnya.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sedang membahas Peraturan Daerah (Perda ) terkait Perpustakaan agar kedepannya pustaka baik nagari hingga Kabupaten bisa berfungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

“Kedepannya diharapkan setiap nagari,sekolah bisa memiliki pustaka sebagai reperensi masyarakat,” ujarnya.

  • Bagikan