Deretan Jajanan Pasar di Sumatera Barat yang Patut Kamu Coba !

  • Bagikan
Sala Lauak Jajanan Sumatera Barat. Foto: Internet

Berbagai makanan dari Sumatera Barat nampaknya sudah sangat terkenal bahkan hingga mancanegara.

Ada rendang yang sudah mendunia, dendeng balado dengan cita rasa pedas, hingga sate Padang yang sangat digemari masyarakat Indonesia.

Jajanan khas Sumatera Barat pun tak kalah menggiurkan.

Bagi kalian pecinta jajanan pasar, pasti ingin tahu apa aja sih jajanan pasar khas Sumatera Barat. Yuk simak pembahasannya!

Galamai

Galama. Foto: Internet

Kalian pasti tidak asing dengan jajanan satu ini. Galamai yang mirip dengan dodol ini adalah kudapan khas Minangkabau yang terbuat dari bahan tepung yang dicampur dengan gula merah dan santan.

Kudapan ini memerlukan waktu berjam-jam untuk proses pembuatannya dikarenakan harus mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu yang lama.

Baca Juga :  Mensos Idrus Marham Tantang Mahasiswa Berinovasi

Galamai sendiri memiliki cita rasa yang manis dan legit. Galamai sangat mudah kita temui di pasar dan warung daerah Sumatera Barat dengan harga yang murah. Rasa kenyal dan lembut dari Galamai akan membuat kamu menjadi ketagihan!

Sala Lauak

Sala Lauak, foto: internet

Siapa sih yang tak tahu gorengan khas Minangkabau satu ini? Sala lauak nampaknya mirip dengan adonan bakwan, tetapi bentuk dari gorengan ini cukup berbeda, yaitu berbentuk seperti bola pingpong.

Sala Lauak biasanya disantap sebagai cemilan dan dijual bersamaan dengan gorengan lainnya.

Namun kini para pedagang membuat inovasi baru seperti berjualan keliling menggunakan transportasi mobil dan sepeda motor.

Kue Pinyaram

Kue Pinyaram, foto: internet

Tahu dengan jajanan ini? Jajanan satu ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kue cucur, namun di Sumatera Barat diberi nama Pinyaram. Pinyaram biasanya disajikan di acara-acara besar, seperti pernikahan dalam ukuran yang besar sebesar piring.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Danrem Jalin Silaturahmi dengan Purnawirawan dan Warakauri

Pinyaram terbuat dari gula pasir atau gula aren, santan, dan tepung beras atau beras hitam. Kue ini dibedakan menjadi Pinyaram hitam dan putih.

Pinyaram hitam terbuat dari beras hitam sementara Pinyaram putih berasal dari tepung beras.

Pinyaram sendiri mempunyai rasa yang manis dan legit. Seiring perkembangan zaman, kue ini memiliki banyak varian rasa seperti rasa durian, pisang, hingga pandan.

Onde-Onde…

  • Bagikan