Gunung Kerinci Alami Erupsi, Masyarakat Diharapkan Waspada

Sumatera Barat – Pada Sabtu Pagi, 17 Oktober 2020 Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Sumatra Barat (Sumbar), Jambi, dan Bengkulu mengalami erupsi.

Satuan Pemantau Gunung Kerinci, Danuri mengatakan, erupsi terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, dan kondisi terkini menurutnya aman dan masyarakat tidak panik.

“Sebagai informasi, tadi pagi, sekitar pukul 04.00 WIB, memang telah terjadi erupsi Gunung Kerinci, kondisi terkini aman,” katanya pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Disaat erupsi Gunung Kerinci mengeluarkan abu vulkanik hingga 800 meter dari kawah, informasi ini juga telah dilaporkan ke pusat.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetapi tetap waspada dalam beraktivitas di Kawasan Rawan Bencana (KRB) I dan II.

“Diharapkan kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada dalam beraktivitas dalam zona KRB I dan II,” sampainya.

Informasi dari Magma Indonesia, tingkat aktivitas Gunung Kerinci yaitu level II atau waspada, masyarakat di sekitar gunung dan wisatawan direkomendasikan untuk tidak mendaki kawah yang ada di puncak gunung di dalam radius tiga kilometer dari kawah aktif.

Dari aplikasi Magma Indonesia juga menghimbau sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Loading...
Komentar
tunggu...