Karyawan XL Axiata Salurkan Donasi ke Sekolah dan Panti Asuhan

Aceh – Melalui program XL Axiata Bersama Bangun Negeri, karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyalurkan donasi pendidikan untuk sebuah sekolah dan panti asuhan di provinsi paling Barat Indonesia, yaitu Aceh.

Donasi tersebut disalurkan kepada SMA Negeri 1 Suka Makmur, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar, dan Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Aceh, Kelurahan Seutui, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Tampak hadir dalam kegiatan sosial yang berlangsung pada Jumat, 18 September 2020 antara lain Territory Sales Manager XL Axiata area Banda Aceh, M. Dimas Alfajri.

Chief Human Capital Officer Rudy Afandi mengatakan, tekonologi di bidang digital sangat bermanfaat bagi pelajar begitulah tujuan dari program berbagi ini.

”Bekerja di perusahaan yang berbasis teknologi, rata-rata karyawan XL Axiata memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keahlian di bidang teknologi digital yang bisa dibagikan kepada para pelajar karena memang sangat bermanfaat bagi mereka. Misalnya bagaimana memanfaatkan sosial media secara positif, bagaimana memanfaatkan internet untuk mendukung prestasi mereka, hingga soal membuat foto yang bagus dengan smartphone biasa, dan masih banyak lagi, ntuk itulah program Berbagi ini kami selenggarakan sepanjang tahun.”katanya pada Jumat, 18 September 2020.

Menurut Rudy, program yang rutin dilaksanakan setiap tahun di berbagai daerah di Indonesia ini merupakan wujud kepedulian karyawan XL Axiata pada kemajuan dunia pendidikan dan kariawan tersebut dapat berbagi ilmu yang ada.

Meskipun dalam situasi pandemi, XL Axiata tetap berusaha melaksanakan program sosial ini sesuai pada protokol kesehatan, justru situasi saat ini pihaknya untuk mencari cara alternatif agar program ini tetap bisa dijalankan mengingat manfaat yang bisa diberikan kepada para pelajar di sekolah sasaran.

Sementara itu Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, yang memimpin wilayah kerja se-Sumatera, menyebut Provinsi Aceh sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan penggunaan data yang cukup tinggi di Sumatera.

Masyarakat Aceh, termasuk anak-anak muda dan pelajar memiliki antusiasme yang besar untuk hal tersebut. Untuk itu, XL Axiata juga sering menyelenggarakan event yang bertujuan untuk memfasilitasi generasi muda agar bisa menyalurkan minat mereka pada teknologi digital.

“Acara-acara seperti ini memang dibutuhkan di Aceh, di mana anak-anak muda, termasuk para pelajar sekolah, juga haus terhadap keahlian-keahlian yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi digital. Kami berharap, pengetahuan yang dibagikan para karyawan XL Axiata akan menyadarkan para pelajar untuk lebih memanfaatkan sarana digital secara positif dan produktif, sekaligus menghindari dampak negatifnya,” sambung Desy.

Karena pandemi, kegiatan seperti bagi pengetahuan tersebut tidak bisa dilakukan secara tatap muka, materi yang akan diberikan untuk para siswa SMA Negeri 1 Suka Makmur terkait dengan sejumlah keterampilan atau keahlian yang diperlukan para pelajar di era digital.

Agenda tersebut dilakukan secara daring dengan fasilitas video conference, materi yang akan diberikan antara lain mengenai public speaking, internet sehat, cara mudah membuat website, bagaimana membuat konten foto yang bagus di media sosial, dan internet of things (IoT).

Selain materi pengetahuan, terdapat kegiatan berupa penyerahan donasi kuota data bagi para siswa dan perangkat router Gerakan Donasi Kuota (GDK) untuk dipasang di sekolah SMA Negeri 1 Suka Makmur, donasi tersebut sangat dibutuhkan karena saat ini harus mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan internet.

Sementara itu, untuk Panti Asuhan Yayasan Penyantun Islam Aceh, Kelurahan Seutui, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, donasi diberikan berupa router XL GDK dengan kuota gratis 20 GB setiap bulan selama 1 tahun untuk mengakses internet bagi anak-anak asuh. Selain itu, juga mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta. Semua donasi tersebut berasal dari zakat karyawan melalui Majelis Ta’lim XL Axiata dan program sosial perusahaan.

Jaringan data 4G XL Axiata hadir di Provinsi Aceh sejak Mei 2017 dan kini telah hadir di 23 kota/kabupaten. Infrastruktur jaringan XL Axiata di seluruh provinsi yang berada di ujung Barat Kepulauan Nusantara ini didukung lebih dari 1.700 BTS, termasuk sekitar 1.400 BTS 3G dan 4G, sementara itu di seluruh Sumatera dan kepulauan, tercatat layanan 4G sudah hadir di 156 kota/kabupaten dan akan terus bertambah tahun ini.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...