Kepala Dinas Komunikasi Dan informarika Beberkan Rahasia Prediket Kualifikasi Informatif Pemda Pessel

Pesisir Selatan – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Junaidi membeberkan strategi Kabupaten Pesisir Selatan raih kualifikasi Badan Publik “Informatif” pada (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Sumbar bertempat di PCC Painan, Rabu 8 April 2021.

“Keberhasilan Pemda Pesisir Selatan meraih kualifikasi Badan Publik Informatif tidak terlepas dari kekuatan Visi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan parsipatif menuju Kabupaten Pesisir Selatan Maju dan Misi untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas, peningkatan aksesibilitas masyarakat, peningkatan SDM pengelola informasi, dan membangun sistem pelayanan informasi publik”, jelasnya.

Dijelaskannya, integrasi merupakan kunci utama keberhasilan mencapai penerapan Visi dan Misi tersebut.

“Pesisir Selatan memiliki PPID pembantu sebanyak 46 Badan Publik dan 182 PPID Nagari, maka integrasi solusi untuk menghubungkan semua transaksi”, ungkapnya.

Ditambahkannya, integrasi tersebut dilakukan melalui pengembangan portal layanan PPID pada tahun 2018, hal tersebut dilakukan untuk memudahkan semua Badan Publik dalam menyampaikan dokumen informasi publik ke PPID Utama, sekaligus memudahkan PPID Utama untuk menyusun dan menetapkan Daftar Informasi Publik serta menyajikan informasi yang update dan akuntabel setiap saat.

“Dengan adanya intergrasi, PPID Utama lebih leluasa untuk mengumumkan informasi publik, menyediakan informasi publik, menyediakan pelayanan informasi publik termasuk menyediakan pelayanan digital”, tambahnya.

Serta memastikan semua pimpinan badan publik memiliki komitmen untuk mendukung implementasi keterbukaan informasi publik, berkoordinasi secara aktif, melakukan kolaborasi terhadap pemenuhan informasi dari setiap badan publik serta selalu berkomunikasi dan konsisten.

Pada kesempatan tersebut juga hadir narasumber dari Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat Hendra J Kede, Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumbar Noval Wiska.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.

Penulis: RandiEditor: Meliana Gusti