Kesbangpol Pasbar Adakan Sosialisasi Pemberdayaan Ormas dan LSM

  • Bagikan
Foto : Istimewa

Pasaman Barat – Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan sosialisasi pemberdayaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan (Lembaga Swadaya Masyarakat) LSM dengan tema pemberdayaan organisasi masyarakat sebagai salah satu usaha menumbuhkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, di auditorium kantor bupati setempat, Rabu (24/11).

Kegiatan tersebut di buka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setia Bakti. Organisasi Masyarakat (Ormas) adalah organisasi yang didirikan secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan dan kepentingan, yang bertujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan RI Indonesia berdasarkan Pancasila.

Keberadaan Ormas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diatur oleh UU. Hak untuk berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia setiap warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang dijamin oleh UUD 1945 berdasarkan Pancasila.

Baca Juga :  24 Unit Moge Rombongan Pengeroyokan TNI Dibawa ke Polda Sumbar

“Eksistensi keberadaan Ormas dan LSM sebagai wadah berserikat dan berkumpul adalah perwujudan kesadaran dan tanggung jawab kolektif warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Ormas merupakan potensi masyarakat secara kolektif, yang harus dikelola sehingga tetap menjadi energi positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”kata Setia Bakti.

Ia menambahkan, aktifitas Ormas yang dulunya lebih banyak dalam kegiatan sosial kemanusiaan, namun sekarang ini sudah berkembang dalam berbagai aktifitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara mulai dari bidang ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, agama, pertahanan dan keamanan.

Asistin Bidang Pemerintahan tersebut mengajak Ormas dan LSM yang ada di Pasbar untuk berkontribusi dalam pembangunan, karena Ormas dan LSM juga punya tanggung jawab moral terhadap kemajuan Kabupaten Pasbar.

Baca Juga :  Sejumlah ASN di Padang Diduga Pasang NSP dari Calon Gubernur

“Semua pembangunan tidak akan tercapai tanpa adanya semangat dan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam hal ini Ormas dan LSM. Semangat kebersamaan, gotong royong, persatuan, memberikan solusi dan inovasi yang dimiliki Ormas dan LSM,”katanya.

Ia juga berharap Ormas dan LSM dapat menjadi motor penggerak terciptanya suasana yang aman, tentram dan damai di Kabupaten Pasbar.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kabid Bidang Politik pada Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Revita mengatakan, bahwa dasar terlaksananya sosialisasi Ormas berdasarkan Kemendagri no 57 tahun 2017 dan DPA Kesbangpol APBD tahun 2021. Sedangkan perserta sosialisasi Ormas adalah pengurus Ormas se Kabupaten Pasbar.

Penulis: Sofyan Sahuri
  • Bagikan