Sembilan Ruas Tol Trans Sumatera Telah Beroperasi Hingga Hari Ini

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Tommy Saputra)

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan bahwa hingga 28 Agustus 2020, ada sembilan ruas jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan, total panjang jalan tersebut mencapai 648 kilometer, seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

Sembilan ruas jalan yang telah beroperasi tersebut terdiri dari Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km, dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 62 km, Belawan-Medan-Tanjung Morowa sepanjang 43 km, Seksi IV Aceh-Sigli sepanjang 14 km, dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km.

Melalui pengoperasian jalan tol tersebut, Menteri Basuki berharap bahwa kehadiran jalan tol tersebut dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk yang akan berdampak pada perekonomian di daerah yang dilaluinya.

Di sisi lain, akan ada ruas jalan tol baru yang akan segera beroperasi dalam waktu dekat, yaitu Kayu Agung-Palembang-Betung segmen Jakabarung-Kramasan, yang totalnya mencapai 9 km., dan akan dibuka pada November 2020.

“Kemajuan ruas jalan tol tersebut kini sudah mencapai 98 persen,” imbuh Basuki.

Kemudian, dua ruas jalan tol Trans Sumatra sepanjang 20 km ditargetkan beroperasi pada Desember 2020. Dua ruas tol tersebut adalah Seksi 3 Tol Sigli-Banda Aceh Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km dan Medan-Binjai seksi 1A Veteran-Tanjung Mulia sepanjang 4 km.

“Saat ini kemajuan konstruksi masing-masing ruas tersebut sebesar 65 persen dan 89 persen,” kata Basuki.

Secara keseluruhan, Basuki menyatakan pihaknya terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Sumatra dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.987 km.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.