Asosiasi IKM Pessel Resmi Dikukuhkan

Asosiasi IKM Pessel Resmi Dikukuhkan

Pesisir Selatan – Pengurus Asosiasi Industri Kecil Menengah (IKM) Pesisir Selatan tahun 2022 – 2025 resmi dikukuhkan pada hari Kamis, 3 Februari 2022 di Hotel Hannah Painan.

Berdasarkan SK Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi (DPTrans), ditunjuk sebanyak 11 pengurus berasal dari IKM Pessel untuk mengemban amanah menjalankan roda organisasi Asosiasi. Diketuai oleh Okvina Juita, Asosiasi IKM Pessel diharapkan dapat menjalankan fungsinya sebagai perpanjangan tangan DPTrans untuk mengelola IKM di Pesisir Selatan.

Kadis DPTrans, Mimi Riarty Zainul menyampaikan, bahwa Asosiasi IKM Pessel adalah wadah IKM yang berada dibawah naungan Dinas DPTrans. Walaupun Asosiasi IKM Pessel baru dikukuhkan pada hari ini, tapi sudah mulai bekerja sejak 2 bulan yang lalu mengelola Galeri IKM Pessel.

“Galeri IKM ini akan dikelola oleh Asosiasi IKM Pessel melalui perjanjian kerjasama (PKS),” ucap Kadis DPTrans.

Mimi menambahkan, bahwa dibutuhkan peran seluruh Dinas terkait juga dukungan dari pihak perbankan untuk memperkuat Asosiasi dalam menjalankan tugasnya memajukan IKM Pessel.

Sementara itu, Sekdakab Pessel, Mawardi Roska menyampaikan sambutan sekaligus membuka FGD (Focus Group Discussion) yang bertema “Wujudkan IKM Pessel Tangguh dan Berdaya Saing”.

Sebagai pemancing diskusi, Mawardi mengemukakan bahwa IKM Pessel saat ini harus fokus membangun dan menguatkan jejaring.

Disampaikannya lagi, bahwa Asosiasi IKM Pessel diharapkan kuat dan bertahan, karena mengakar langsung dari bawah, bukan organisasi yang berpusat di tingkat nasional.

“Asosiasi IKM Pessel tumbuh karena kepentingan Pesisir Selatan,” kata Mawardi.

Okvina Juita, selaku ketua Asosiasi IKM Pessel terpilih, menyatakan bahwa ke depannya ada banyak program yang dijalankan Asosiasi, diantaranya adalah Inkubasi Bisnis, bermitra dengan para Akademisi dan pihak perbankan serta OPD terkait untuk memajukan IKM.

Setelah pelantikan dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion) bertema “Wujudkan IKM Pessel Tangguh dan Berdaya Saing” dengan keynote speaker Dosen UNP Whyosi Septrizola, SE, MM, Ketua Asosiasi IKM Pessel Okvina Juita, Kacab Bank Nagari Helfi Yanrika, dan Nanda dari NDM Corp, dimoderatori langsung oleh Kadis DPTrans Mimi Riarty Zainul.

Setelah FGD dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman mendukung hasil FGD untuk menguatkan Asosiasi IKM Pessel mengembangkan IKM di Pesisir Selatan.

Exit mobile version