Satgas PB Nagari Diminta Siaga Hadapi Bencana di Tanah Datar

bupati-tanah-datar-minta-seluruh-satgas-pb-nagari-dan-relawan-tingkatkan-kewaspadaan
Bupati Tanah Datar Minta Seluruh Satgas PB Nagari dan Relawan Tingkatkan Kewaspadaan

Tanah Datar – Bupati Tanah Datar Eka Putra memimpin apel kesiapsiagaan bencana bersama seluruh anggota Satgas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Nagari dan relawan se-Kecamatan Lintau Buo Utara, di halaman kantor camat setempat, Kamis (11/4).

Apel ini digelar untuk merespon kondisi cuaca ekstrem dan curah hujan tinggi yang melanda Tanah Datar, serta beberapa bencana alam yang telah terjadi. Eka Putra menegaskan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana.

“Cuaca ekstrem dan erupsi Gunung Marapi yang belum menunjukkan tanda-tanda berhenti, menjadi kewaspadaan kita bersama,” kata Eka.

Ia menekankan peran vital Satgas PB Nagari dan relawan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terutama bagi perantau yang mudik merayakan Idul Fitri.

“Lakukan yang terbaik, laporkan situasi terkini di nagari masing-masing,” imbaunya.

Eka juga mengingatkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari yang telah ditetapkan Pemda.

“BPBD, Satgas PB Nagari, relawan dan instansi terkait harus tetap on call, komunikasi jangan sampai terputus,” tegasnya.

Camat Lintau Buo Utara Edo Fachrizal, dalam sambutannya, menyatakan komitmennya untuk mendukung upaya penanggulangan bencana di wilayahnya.

“Kami siap bersinergi dengan seluruh pihak untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat,” kata Edo.

Apel ini diakhiri dengan simulasi penanganan bencana gempa bumi dan penyerahan bantuan peralatan penanggulangan bencana kepada Satgas PB Nagari se-Kecamatan Lintau Buo Utara.

Exit mobile version