Wawako Solok Apresiasi Kader Institusi Masyarakat dan Kader Tribina

Solok Kota – Bertempat di GOR Alimin Sinapa, Kamis (04/04), Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) serahkan honor kepada Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan Kader Tribina (BKB, BKL, BKR) Kota Solok.

Acara penyerahan honor kader IMP dan kader Tribina ini dihadiri oleh Wakil Walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra, SE, MM dan disambut antusias oleh 529 orang kader yang terdiri dari 13 orang kader PPKBD, 144 orang kader sub PPKBD, 268 orang kader BKB, 44 orang kader BKR, dan 60 orang kader BKL.

Dalam sambutannya, Wawako mengucapkan terimakasih atas kerja keras para ibu-ibu kader yang telah berusaha menciptakan keluarga yang berkualitas di Kota Solok. Ibu-ibu (kader KB) adalah para pejuang kemanusiaan yang ada di lapangan untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, dimana dalam hal ini ibu-ibu kader KB merupakan ujung tombak dan perpanjangan tangan Pemerintah Kota ditingkat Kelurahan dalam menciptakan kehidupan keluarga yang sehat dan berkualitas serta pengentasan Stunting.

“ Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) berperan penting dalam menyukseskan program Keluarga Berencana (KB) di Kota Solok. Dalam hal ini, kader IMP yang terdiri dari Kader PPKBD untuk tingkat Kelurahan dan kader Sub PPKBD untuk tingkat Dusun/ RW diharapkan dapat memiliki peran aktif dan efektif dalam melakukan pertemuan dan memberian Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) kepada masyarakat, melakukan pencatatan dan pendataan serta pelayanan kegiatan KB kepada seluruh lapisan masyarakat di Kota Solok saat ini,” tambah Dhani.

“Keberhasilan program KB adalah karena didukung oleh personil kader IMP yang banyak hingga menjangkau seluruh lapisan masyarakat serta memiliki daya juang yang tinggi dalam rangka ikut mensukseskan program KB saat ini,” ujar Wawako.

Apresiasi juga diberikan oleh Wawako kepada para Kader Tribina yang memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan orangtua maupun anggota keluarga lainnya dalam membina balita maupun remaja.

“Selain itu, terimakasih juga saya ucapkan kepada Kader Tribina yang telah mengedepankan kesejahteraan tumbuh kembang balita, remaja dan lansia agar tetap memiliki produktivitas yang baik di lingkungan keluarga dan masyarakat. Saat ini, Kader Tribina dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya adalah BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL (Bina Keluarga Lansia),” terang Wawako.

Acara penyerahan honor kader IMP dan Tribina ini ditutup dengan pemberian honor secara simbolis untuk kader IMP dan Tribina tahun 2024 sebanyak 480 Juta Rupiah serta penyerahan honor kepada perwakilan kader PPKBD, Sub PPKBD, BKB, BKR, dan BKL dari masing-masing Kecamatan.

“Saat ini, Walaupun jumlah honor yang diterima belum mampu membayar jerih payah para kader dalam mensosialisasikan berbagai program KB di lapangan, kedepannya Pemerintah Daerah akan berupaya meningkatkan bantuan dan operasional bagi petugas dan kader di lapangan,” pungkas Ramadhani.

Exit mobile version