5 Cemilan Khas Sumatera Barat Yang Jarang Ditemukan

Kacimuih. Foto : Indonesia Kaya

Padang – Sumatera Barat terkenal dengan makanan tradisional yang mendunia. Tidak hanya rendang, banyak cemilan khas Sumatera Barat juga dikenal sangat enak dan kaya rasa. Walaupun banyak cemilan yang diminati masyarakat, ada beberapa camilan khas Sumatera Barat yang sudah jarang ditemukan.

Berikut 5 cemilan khas Sumatera barat yang mulai sulit ditemukan :

1. Kue Cacah

Kue Cacah. Foto : RRI

Kue cacah merupakan penganan unik khas Nagari Koto Alam, Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota. Bahan-bahan pembuatnya terbilang sederhana, hanya tepung ketan dicampur garam dan sedikit penyedap untuk menambah gurih rasa. Keunikan kue ini ternyata tidak untuk diperjualbelikan. Hanya tersedia pada upacara-upacara adat dan jamuan tamu istimewa.

2. Kacimuih

Kacimuih. Foto : Indonesia Kaya

Jajanan tradisional Orang Minangkabau yang dibuat dari perpaduan ketela pohon dan parutan kelapa. Kacimuih disajikan dengan taburan Gula untuk menambah rasa. Gula yang dipakai bisa gula pasir maupun gula merah. Kacimuih memiliki tekstur yang lunak dengan rasa yang gurih.  Kacimuih biasanya dimakan untuk menunda lapar sementara.  Harga kue ini pun cukup terjangkau, kue ini biasa dijual dengan harga Rp3.000 sampai Rp5.000 rupiah.

3. Kue Basung

Kue Basung. Foto : grid.id

Kue ini merupakan kue tradisonal yang berbentuk kerucut dan dibungkus daun pisang. Kue tradisional ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, santan, air dan garam. Kue Basung khas Sumatera Barat ini tersaji dengan tekstur yang legit dan rasa yang manis. Dalam tradisii Minangkabau, kue basung biasanya dibawa saat hantaran.

4. Bangko Palinggam

Bangko Palinggam . Foto : Rumah Makan Padang Sari Bundo

Bongko Palinggam, merupakan cemilan khas kawasan Palinggam, Kota Padang, Sumatera Barat. Uniknya kue ini hanya ada saat bulan ramadhan. Kue ini akan cocok dimakan untuk orang yang berpuasa karena bisa menghangatkan perut. Makanan Bangko Palinggam berbahan dasar Tepung beras. Disamping itu nantinya Tepung beras tersebut dicampur dengan air perasan daun Pandan sehingga tepung beras tersebut berubah warna menjadi hijau dan aromanya sangat menggiurkan selera. Harga dari kue ini hanya Rp5000 rupiah perbungkusnya.

5. Kue Sangko

Kue Sangko . Foto : Wekipidia

Sudah pernah mencicipi kue sangko? Kue khas pesisir selatan, sumatera barat ini biasanya disuguhkan saat lebaran. Kue ini tebuat dari tepung ketan, kelapa  dan gula. Rasa dari Kue Sangko sangat gurih dengan aroma kelapa.

Dari cemilan diatas, ada yang belum pernah dicoba atau bahkan belum pernah dengar? Dengan banyaknya pesaing camilan modern menjadikan makanan tradisional menjadi langka dan kurang diminati. Semoga kita bisa lestarikan makanan khas Sumatera Barat.

Kharisma Asdova

 

 

 

Exit mobile version