Aktualisasi Program MBKM: Magang Mahasiswa Fisip Unand di Komisi Informasi Sumbar

Foto: Internet

Padang – Tiga mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unand akan melakukan kuliah lapangan dalam rangka mengaktualisasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan bobot 20 SKS. Mereka akan melaksanakan magang selama empat bulan di Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Wakil Ketua KI Sumbar, Arif Yumardi, menyambut baik kehadiran mahasiswa Departemen Politik Fisip Unand untuk mengisi program kampus merdeka belajar merdeka tersebut. Ia berharap para mahasiswa mampu mengaktualisasikan ilmu yang didapat selama magang dan dapat memberikan kontribusi melalui tulisan atau artikel ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat Sumbar.

Tiga mahasiswa yang terlibat dalam program MBKM di KI Sumbar adalah Siti Sarah, Sahira Atika, dan Andrian Rahkimi, yang semuanya mahasiswa semester 6. Mereka didampingi oleh Dr. Andri Rusta dan dosen pendamping lapangan, Dewi.

Andri Rusta, menyampaikan terima kasih kepada KI Sumbar atas kesempatan ini. Menurutnya, ini adalah program MBKM perdana yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Politik dan ditempatkan di KI Sumbar karena ada keterkaitan dengan pelajaran di kampus.

Magang pada program MBKM ini memiliki bobot 20 SKS dan mahasiswa ini tetap akan kuliah di kampus. “Mahasiswa akan diberi tugas dan tanggung jawab, 12 SKS dinilai oleh Komisi Informasi dan 8 SKS dinilai oleh dosen pendampingnya. KI juga harus menyiapkan mentor untuk mengasah mahasiswa selama magang di KI Sumbar,” jelas Andri Rusta.

Tanti Endang Lestari, salah satu komisioner KI Sumbar, juga menyemangati para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan menyemai diri dalam bidang keterbukaan informasi publik.

Exit mobile version