Efa Yonnedi Resmi Dilantik Sebagai Rektor Unand

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua MWA Unand Sakti Wahyu Trenggono

Padang – Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt, CA, CRGP resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Andalas (Unand) periode 2023-2028 oleh Majelis Wali Amanat (MWA).

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua MWA Unand Sakti Wahyu Trenggono, yang membacakan sumpah jabatan dan menandatangani serah terima jabatan dari rektor sebelumnya Prof. Dr. Yuliandri, SH. MH ke rektor baru.

“Terimakasih atas amanah yang diberikan kepada saya untuk mengemban jabatan ini. Untuk itu, mari bersama-sama kita berkolaborasi mengembangkan institusi ini,” kata Efa dalam sambutannya.

Efa mengajak semua pihak baik di internal kampus, maupun pihak eksternal yang selama ini sudah berkontribusi membangun Universitas Andalas untuk kembali bersama-sama berkolaborasi demi kemajuan institusi dan kemajuan bangsa.

Sebelum terpilih menjadi rektor Unand, Efa sudah dikenal di kalangan industri keuangan dan perbankan. Alumnus Akuntansi FEB Unand itu pernah menjabat Komisaris Bank Nagari periode 2008-2012, dan Komisaris Utama bank tersebut pada 2012-2016.

Kemudian, pada 2018, ia terpilih menjabat Komisaris Utama PT Asuransi Bangun Askrida (Askrida), sebuah perusahaan asuransi yang didirikan pemerintah untuk melindungi aset-aset negara. Ia menjabat di Askrida hingga saat ini.

Di kampus, Efa pernah menjabat Ketua Departemen Akuntansi periode 2016-2020, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) periode 2020-2024, dan terpilih menjadi Rektor Unand periode 2023-2028.

Pria kelahiran Jopang, Limapuluh Kota pada 2 Mei 1972 itu, menyelesaikan studi master dari Monash University Australia, dan menyelesaikan pendidikan doktoral dari University of Manchester, United Kingdom.

Exit mobile version