Kemenag Sumbar: Kloter Pertama Haji Berangkat 12 Mei 2024

Foto : Internet

Padang – Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat (Sumbar) mengumumkan bahwa kloter pertama jamaah haji Embarkasi Padang akan diberangkatkan pada 12 Mei 2024. Para calon haji (calhaj) akan memasuki Asrama Haji Tabing Padang sehari sebelumnya, yaitu pada 11 Mei 2024.

“Tahun ini, Embarkasi Padang akan memberangkatkan 6.592 calhaj, terdiri dari 4.806 calhaj Sumbar dan 1.786 calhaj Bengkulu,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin. Ia menjelaskan bahwa kloter pertama akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Madinah.

Sebanyak 17 kloter (kelompok terbang) akan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dengan rincian 12 kloter calhaj Sumbar, 4 kloter calhaj Bengkulu, dan 1 kloter gabungan. “Sembilan kloter akan diterbangkan dalam fase gelombang 1 dengan rute Padang-Madinah, dan 8 kloter fase gelombang 2 dengan rute Padang-Jeddah,” jelas Mahyudin.

Mengingat tahun ini mengusung tagline “Haji Ramah Lansia”, Mahyudin meminta seluruh Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah, terutama lansia. “Pastikan jamaah mendapatkan fasilitas sesuai dengan kondisi mereka,” pintanya.

Ia pun meminta panitia untuk mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) di setiap seksi agar pelayanan haji berjalan lancar. Pada tahun 2024 ini, Embarkasi Padang akan memberangkatkan dan memulangkan jamaah haji dari Asrama Haji Tabing Padang.

Exit mobile version