2026 TPA Air Dingin Diprediksi Bakal Penuh

  • Bagikan
Foto : internet

Padang – Pada 2026 mendatang, Tempat Penampungan Akhir (TPA) Air Dingin di Kota Padang diprediksi bakal penuh. Pasalnya dilihat dari jumlah sampah yang dihasilkan mencapai 600 ton sehari serta tidak ada pengolahan lanjutan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon mengatakan, selain karena total dari volume sampah, TPA tersebut masih belum menerapkan proses pengolahan lanjutan.

Ia juga menyebutkan, ada tiga sistem penanganan sampah yang ada. Namun, TPA Air Dingin masih menerapkan sistem open dumping, atau menumpuk begitu saja sampah. Dan mengakibatkan area penumpukan sampah pun semakin lama semakin berkurang.

Ia juga menjelaskan, dari 16 hektar luas area penumpukan sampah yang ada di TPA Air Dingin, sekarang tinggal 3 hektar lagi yang tersisa, jika tidak adanya pengolahan lebih lanjut.

“Kalau demikian keadaanya, 2026 TPA Air Dingin akan penuh,” tegasnya.

Pihaknya pun tidak bisa berbuat banyak, karena anggaran sangat terbatas untuk bisa menerapkan sistem pengolahan lanjutan.

“Minimal untuk sebuah kota, pengolahan sampah dilakukan secara controlled landfill. Namun anggaran pemerintah tak mampu melaksanakan itu,” pungkasnya.

  • Bagikan