Musrenbang Pasbar, Wabup : Pembangunan Disesuaikan Visi Misi Daerah

  • Bagikan
Wabup Pasaman Barat sampaikan pembangunan harus sesuai dengan visi misi daerah pada pembukaan Musrenbang

Pasaman Barat – Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Talamau tahun 2021, Selasa 23 Maret 2021.

Musrenbang yang digelar di gedung pertemuan Pusako Anak Nagari Talamau tersebut berlangsung aman dan lancar dengan dihadiri oleh Kepala OPD, Camat, Forkopimca Talamau, Walinagari, Bamus, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Wabup Risnawanto meminta agar pembangunan disesuaikan dengan visi misi serta RPJMD. Camat dan OPD diminta untuk memverifikasi usulan yang masuk dalam Musrenbang.

“Pembangunan disesuaikan dengan visi misi Pemerintah Daerah Pasbar tahun 2021-2026, yakni mewujudkan Pasbar yang bermartabat, agamais, maju dan sejahtera,”kata Risnawanto.

Ia meminta, arah kebijakan pembangunan Pasbar tahun 2021 fokus untuk pembangunan SDM yang mandiri dan memiliki daya saing. Meliputi pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan penyediaan kebutuhan dasar masyarakat. Peningkatan keimanan dan ketakwaan masyarakat melalui pemenuhan sarana dan prasarana peribadatan dan pondok Al-Qur’an.

Peningkatan perekonomian masyarakat melalui pembangunan sarana dan prasarana pendukung pertanian masyarakat. Serta pengentasan daerah tertinggal melalui pembangunan infrastruktur, sarana prasarana jalan pendukung untuk menunjang perekonomian.

“Namun, saat ini kita tengah menghadapi pandemi Covid-19, hingga pembiayaan untuk pembangunan khususnya infrastruktur pada saat ini jauh berkurang karena digunakan untuk pembiayaan penanggulangan pandemi Covid-19,”ujar Risnawanto.

Ia juga meminta camat untuk memantau pelaksanaan Musrenbang kecamatan ini dengan sebaik – baiknya dan memastikan seluruh usulan diverifikasi sesuai dengan ketentuan, berurutan berdasarkan skala prioritas yang disepakati.

“Dan juga kepada kepala OPD agar melakukan pendampingan Musrenbang sampai pelaksanaan forum OPD dan memastikan seluruh usulan hasil Musrenbang kecamatan di verivikasi dengan baik,”ucap Risnawanto.

Selain itu, Wabup juga menghimbau kepada Forkopimca kecamatan Talamau dan walinagari serta seluruh masyarakat untuk mendukung Program pemerintah pusat mengenai food estate atau lumbung pangan yang ada di Talamau.

  • Bagikan