9000 ASN di Padang Terima Gaji 13 Dalam Pekan Ini

Ilustrasi ASN
Ilustrasi ASN. Foto : Tribun Aceh
Ilustrasi ASN
Ilustrasi ASN. Foto : Tribun Aceh

PADANG, KABARSUMBAR-Memasuki tahun ajaran (TA) baru sekolah, sebanyak 9.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal menerima gaji ke 13. Pencairan dapat dilakukan setelah setiap OPD mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM).

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Padang, Andri Yulika. Pemko akan membayarkan gaji ke 13 seluruh ASN Pemko Padang dan anggota DPRD Padang.

“Insya Allah dalam minggu ini sudah dicairkan,” katanya.

Menurut PP No18 dan No19 tahun 2018, jumlah gaji ke 13 lebih besar dibandingkan sebelumnya. Komponen pembayaran gaji ke 13 dan THR tidak sama dengan tahun sebelumnya. Pembayaran di tahun ini termasuk, gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tambahan ASN atau tunjangan kinerja. Jika tahun lalu, gaji ke 13 hanya gaji pokok saja.

“Ada formula baru dari pusat, dan saya berharap ASN dapat menggunakan gaji ke-13 untuk kepentingan sekolah anak. Karena bertepatan dengan masuknya tahun ajaran (TA) baru 2018-2019, ” ungkapnya.

Jumlah ASN di lingkungan kerja Pemko Padang berdasarkan catatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang ada 9.000, meliputi PNS Pemko Padang sekitar tiga ribuan, honorer dengan SK dari Perwako sekitar dua ribuan, ditambah guru jadi sekitar sembilan ribuan.

“Semuanya diberi gaji ke-13 kecuali guru honorer,” ujar Kepala BKPSDM Padang, Habibul Fuadi.

[putri siltya caprita]