Amerika dan Korsel Bidik Sumbar Berinvestasi

Photos Surfing Mentawai Islands Indonesia Surf Travel Vacation Holiday
Photos Surfing Mentawai Islands Indonesia Surf Travel Vacation Holiday

Bidang kepariwisataan dan perikananan jadi incaran pengusaha asing di Sumatera Barat

Calon investor tersebut berasal dari Korea Selatan dan Amerika Serikat, para investor tersebut tertarik ingin menanamkan sahamnya setelah menjajaki potensi yang ada di Sumatera Barat.

Bidang perikanan sangat diminati, kenapa tidak dari angka per tahun Sumbar berhasil memproduksi ikan sebanyak 200 ribu/ton dari potensi 565 ribu/ton. Idola itu terhadap Ikan tuna yellow fin, memiliki potensi 23.343 ton/tahun tetapi baru termanfaatkan 19,2 persen.

Tuna big eye memiliki potensi tangkap 19.332 ton dengan pemanfaatan 19,2 persen, dan cakalang memiliki potensi 65.000 ton per tahun dengan pemanfaatkan baru 19,1 persen.

“Yang dari AS berminat di bidang perikanan sementara pengusaha Korsel bidang pariwisata,” kata Maswar Dedi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumatera Barat, Jumat (18/5/2018).

Katanya, bidang perikanan besar kemungkinan untuk dikembangkan, sebab tingkat pemanfaatan baru 26,2 persen dari tujuh kabupatan dan kota, dengan luas pantai barat mencapai 915.000 km per segi.

Kawasan Mandeh merupakan salah satu incaran dari Korsel, dan saat ini telah berhasil dalam pengembangan dengan pembebasan lahan 400 hektare. Sementara Kepulauan Mentawai masih belum ada perkembangan akan tetapi
sangat cocok untuk pengembangan resort. Mandeh dan Mentawai merupakan Kawasan Ekonomi Khusus.