Antisipasi Dampak Corona, Bawaslu Kota Solok Tangguhkan Konsolidasi Internal Jelang Pilkada 2020

Solok Kota – Dengan keluarnya edaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat kepada Bawaslu daerah tentang himbauan pencegahan penularan penyakit Covid-19 akibat virus corona, Bawaslu Kota Solok terpaksa menangguhkan beberapa kegiatan yang sudah di agendakan dalam hal terkait persiapan Pilkada 2020 di Kota Solok.

Surat edaran itu ditetapkan pada 12 Maret 2020 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Bawaslu, Gunawan Suswantoro. Imbauan ditujukan kepada seluruh jajaran Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, maupun Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten/Kota, termasuk Kota Solok.

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati dihubungi Kabarsumbar via handphone, Kamis 19 Maret 2020 menyampaikan memang dengan adanya edaran dari Bawaslu Pusat beberapa agenda kegiatan persiapan Pilkada tahun 2020 di Kota Solok terpaksa ditangguhkan.

Beberapa kegiatan yang sudah dirancang Bawaslu Kota Solok diantaranya Konsolidasi dengan seluruh Panwascam di tingkat kota 20-21 Maret 2020 terpaksa dilakukan dengan komunikasi Teleconference dan melalui WAG (whatsapp Group), dan juga kegiatan Cerdas Cermat Tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU) terkait dengan pemilih pemula  yang rencananya di gelar pada tanggal 28 Maret 2020 pun terpaksa dibatalkan.

“Seluruh kegiatan ditunda sampai batas waktu tidak ditentukan tapi kita tetap mencermati perkembangan ke depannya”, ujar Triati.

Triati juga menyebutkan bahwa Kesehatan dan keselamatan anggota merupakan hal mutlak dalam menyikapi kondisi yang ada saat ini terkait dengan semakin merebaknya Virus Korona di beberapa tempat di Indonesia.

“Wabah Corona ini tidak untuk kita takuti tetapi perlu kita waspadai, Hidup sehat menjadi acuan bersama dan menjadi perhatian, Kesehatan dan keselamatan anggota hal mutlak dalam keputusan”, Ungkap Triati.

Bawaslu Kota Solok kedepannya rencana akan membatalkan Verifikasi Faktual dan akan di tindak lanjuti dengan Verifikasi Online karena untuk mengantisipasi Virus Corona dan Mengantisipasi  anggota Bawaslu agar tidak terjangkit virus tersebut.

“Maksimalkan upaya pencegahan, dengan ikhtiar yang maksimal selanjutnya kita berserah diri kepada ALLAH”, Tutup Triati.

Fernandez

 

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...