ASN Humas Pemko Padang Ikuti Pelatihan Jurnalistik

PADANG, KABARSUMBAR – Aparatur Sipil Negara (ASN) Humas Pemko Padang ikuti pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan yang diselenggarakan oleh Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Istana Gubernur Sumbar, Jalan Jendral Sudirman Padang, Selasa (11/12).

Di kesempatan itu Irwan Prayitno mengatakan, setiap pemerintah dari dulu sampai sekarang Humas pemerintah sudah ada, fungsi dan perannya sangat dibutuhkan pemerintah dalam rangka mensosialisasikan, mendokumentasikan dan mempublikasikan program kebijakan pemerintah ke hadapan publik.

“Oleh sebab itu, ASN Humas harus betul-betul profesional menjalankan fungsi dan perannya, kalau ada informasi yang bersileweran, kacau tidak jelas tentang pemerintah maka Humas harus menjelaskan dan meluruskannya,” terang Irwan.

Ditambahkannya, ASN Humas harus jeli melihat perkembangan situasi saat ini, harus jeli mensikapi sesuatu, apalagi saat sekarang ini dunianya Media Sosial (Medsos), ASN humas harus percaya diri sebagai corong pemerintah.

“Sebagai corong pemerintah, ASN Humas harus konsisten menyebarkan informasi agar masyarakat mengetahui pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah,” ujar Irwan.

Selanjutnya, Irwan Prayitno menegaskan, setiap ASN Humas harus bisa membuat siaran pers, harus mampu menguasai teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.

“ASN Humas jangan gagap teknologi (Gaptek), ASN Humas harus mampu bermedsos, karena Medsos merupakan salah satu media dalam mendapatkan informasi, kalau bisa harus aktif,” pungkas Irwan.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setda Provinsi Sumbar Jasman menyampaikan, tujuan pelatihan jurnalistik bagi aparatur Humas agar bisa mempublikasikan kegiatan dalam membuat rilis.

Kemudian pelatihan ini juga untuk meningkatkan sinergitas antara Humas Pemkab dan Pemko yang ada di Sumbar dengan Humas Pemrov Sumbar.

“Mudah-mudahan setelah pelatihan ini ASN Humas Pemkab dan Pemko yang ada di Sumbar mampu membuat siaran pers dan bersinergi dengan Humas Pemprov,” tutur Jasman.

Di kesempatan yang sama, ASN Humas Pemko Padang, Vebrinanda yang mengikuti pelatihan tersebut mengatakan, pelatihan jurnalistik dan kehumasan sebagai ajang untuk meningkatkan kompetensi di dunia jurnalistik. Dan menambah wawasasan tentang Humas pemerintah.

“Dunia jurnalistik dan kehumasaan terus berkembang mengikuti zaman. Apa lagi saat ini kita berada di era komunikasi 4.0. Jadi tidak ada alasan untuk tidak terus belajar dan belajar,” ujar Vebrinanda.

Pelatihan tersebut diikuti ASN Humas di lingkungan Pemprov Sumbar dan Humas Pemkab/Pemkot se-Sumbar, sebanyak 70 orang.

Sedangkan narasumber pelatihan, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus, Wakil Pimpinan Redaksi Harian Singgalang, Sawir Pribadi dan Pembina PWI Sumbar Alwi Karmena.

(Putri Caprita)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...