Ragam  

Beli Meja Makan untuk Rumah Minimalis ? Ini yang Harus Kamu Perhatikan !

Ilustrasi meja makan. Foto : Dekoruma Blibli
Ilustrasi meja makan. Foto : Dekoruma Blibli

Bila dahulu orang-orang lebih menggemari jenis rumah yang terkesan ‘ramai’ secara interior, maka sekarang trennya telah berubah.

Pilihan pun berubah ke desain rumah minimalis dengan interior sederhana dan warna-warna basic (dasar) seperti hitam, putih hingga abu-abu. Tampilan yang simpel ini dapat memberikan kesan mewah nan elegan bagi sebagian orang.

Apakah Anda ada rencana membeli rumah minimalis? Bagus! Merupakan sebuah pilihan yang tepat untuk mencoba suasana rumah baru yang lebih sederhana namun elegan.

Sebelum ditempati, Anda sebaiknya juga memastikan furniture yang digunakan di dalam rumah. Utamanya, saat membeli meja makan untuk rumah yang minimalis, perlu diperhatikan beberapa poin berikut ini.

Periksa Material Pembuat

Ketika memilih furniture untuk ditempatkan di dalam rumah, alangkahbaiknya pilih yang masa pakainya lama. Yah, meskipun Anda harus merogoh kocek lebih dalam, namun manfaatnya akan terasa saat dipakai. Semakin awet umur furniture, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk reparasi.

Pengecualian, bila dana furniture yang tersedia saat ini lumayan kecil, Anda bisa memilih meja makan yang terbuat dari plastik. Sayangnya, dengan harga yang murah maka Anda harus rela mendapatkan meja makan dengan kualitas standar.

Sesuaikan dengan Konsep Rumah

Bagi Anda calon pemilik rumah minimalis, pastikan furniture yang dipakai di dalamnya sama minimalisnya. Kenapa begitu? Tentu saja supaya desain interior yang sudah dirancang tidak keluar jalur karena model furniture yang berbeda.

So, pilihlah meja makan dengan warna sesuai tembok rumah. Anda bisa mencoba warna abu-abu, hitam atau putih. Selain itu, pastikan ukurannya tidak terlalu besar, ya. Konsep minimalis sebisa mungkin membuat rumah jadi lebih terasa luas karena barang pilihan yang mini sesuai kebutuhan.

Sesuaikan Jenis Meja Makan dengan Ukuran Ruangan

Rumah minimalis biasanya punya ruang makan dan dapur yang bergabung menjadi satu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli meja makan bundar atau persegi empat yang tidak memakan tempat saat ditaruh di dalam ruangan. Hindari memilih meja makan model persegi panjang karena bisa bikin ruangan dapur jadi sempit.

Pastikan Build Quality Meja Makan Solid

Tak hanya material pembuat, konstruksi akhir yang dihasilkan juga perlu anda perhatikan. Lihat dulu apakah meja makan tidak oleng saat dibebani beberapa piring. Bisa juga dengan mengecek kaki-kaki meja makan. Bila dirasa agak ringkih, urungkan niat untuk membeli.

Khusus meja makan dengan bahan kayu, periksa apa jenis kayu yang dipakai. Bila yang digunakan adalah Jati, maka masa pakainya bisa lumayan panjang. Sebisa mungkin cek juga baut yang digunakan, apakah kuat atau mudah lepas.

Utamakan Aspek Kenyamanan

Sia-sia belaka bila Anda sudah beli meja makan namun tak kunjung dipakai karena merasa kurang nyaman. Oleh karena itu, pastikan lagi apakah Anda sudah cocok dengan meja makan tersebut atau tidak. Sebagian orang merasa nyaman dengan meja makan yang ada sofanya, namun sebagian lagi tidak. Bagaimana dengan Anda? mana jenis meja makan yang cocok dengan pilihan hati?

Pastikan Meja Makan Aman Dipakai

Banyak yang kurang paham kalau memilih meja makan itu tidak sekedar yang keren dan enak dilihat. Faktor keamanan pun seringkali diabaikan oleh calon pembeli. Nah, bagaimana ciri-ciri meja makan yang aman saat dipakai?

Pastinya, saat diduduki, kursi meja makan tidak akan ringkih. Selain itu, ukuran tinggi meja makan haruslah pas dengan tinggi badan.

Pertimbangkan pilih meja makan dengan ukuran meja dan kursi yang bisa dinaik turunkan. Ini supaya Anak-anak kecil di rumah bisa ikutan duduk di kursi.

Ujung meja makan yang tajam pun kadang juga membahayakan. Beberapa orang menyiasatinya dengan menempelkan lem perekat yang tebal agar ujung tajam ini tidak mengenai kulit.

Wah, padahal bila mau memperhatikan dari awal, Anda pun bisa memilih meja makan yang tepinya tidak runcing.

Sesuaikan dengan Budget yang Ada

Ada harga, ada rupa. Begitu kata pepatah. Memang benar kualitas meja makan terbaik juga ditentukan oleh harganya. Namun, bukan berarti Anda jadi mundur membeli meja makan yang diincar karena budgetnya belum mencukupi. Kenapa tidak memilih alternatif meja makan lain dengan harga yang lebih murah ?

Saat ini tersedia berbagai macam merk Meja Makan dengan harga yang amat terjangkau, kok. Kualitasnya pun sudah baik, meski tidak bisa seawet meja makan dengan harga mahal.

Bila Anda benar-benar mengedepankan aspek jangka panjang, bisa membeli meja makan yang diincar ketika sedang flash sale.  Biasanya, toko furniture akan memberikan diskon besar-besaran di akhir tahun. Potongan harganya pun biasanya lumayan besar, mulai dari diskon 30 hingga 50 persen.

Cara memilih meja makan untuk rumah minimalis memang agak beda dengan tips beli meja makan pada umumnya. Selain pertimbangan ukuran, pilihan warna yang sesuai juga harus diperhatikan.

Semakin sederhana warna dan kecil ukurannya, maka semakin cocok melengkapi ruangan dapur Anda. Sekarang mencari meja makan yang sesuai untuk rumah Anda tidak perlu ribet. Cukup buka aplikasi Blibli, temukan berbagai macam model meja makan minimalis terbaik.

Well, apapun merek dan harga meja makan Anda nanti, pastikan untuk selalu membersihkannya. Buat sebagian orang, kondisi Meja Makan merupakan cerminan keadaan sebuah keluarga.

Ketika meja makan bersih, maka artinya orang-orang yang berdiam di dalamnya suka kebersihan. Begitu pula, saat meja makan kotor, maka dipastikan penghuninya adalah orang-orang yang jorok.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.