BI Sumbar Sediakan Kas Keliling untuk Penukaran Uang Baru

PADANG, KABARSUMBAR – Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Sumatera Barat mulai hari ini, Rabu 7 Mei 2019, melaksanakan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) diluar kantor, melalui program Kas Keliling.

Bank Indonesia pun menggandeng lembaga perbankan dengan jangkauan pada 19 lokasi layanan di Sumatera Barat.

Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat Wahyu Purnama menyebutkan, 19 lokasi layanan itu tersebar diantaranya, tujuh lokasi di Kota Padang, 12 lokasi di kabupaten dan kota lainnya.

Disebutkan Wahyu, waktu operasi layanan kas keliling sendiri dimulai pukul 08.30 hingga 12.00 WIB, hingga 29 Mei 2019, mendatang.

“Jumlah lokasi layanan ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya lima lokasi. Masifnya kegiatan layanan penukaran ini merupakan bentuk sinergi dan kerja sama Bank Indonesia dengan perbankan di Sumatera Barat,” kata Wahyu.

Meningkatnya jumlah lokasi layanan, kata Wahyu dalam rangka memenuhi kebutuhan UPK yang beredar di masyarakat.

Selain melibatkan perbankan, BI Sumatera Barat juga menyiapkan modal kerja sebesar Rp 4,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan pecahan kecil selama Ramadhan hingga lebaran.

Wahyu menyebutkan, dalam rangka kenyamanan dan kelancaran penukaran melalui layanan keliling, masyarakat harus memperhatikan sejumlah hal.

Dimulai dari penukaran hanya dilakukan dari uang pecahan besar Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu serta, uang kecil yang disediakan diantaranya pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu.

Wahyu juga mengingatkan, agar masyarakat tidak melakukan penukaran uang kecil melalui jasa perorangan.

Karena, menurut Wahyu, hal itu sangat berisiko, seperti jumlah lembarnya berkurang dan kemungkinan terselip uang palsu.

“Penukaran pada lokasi layanan Bank Indonesia lebih aman karena uang dijamin asli dan jumlahnya sesuai,” katanya.

“Menukar uang kecil pada layanan kas keliling Bank Indonesia gratis, tidak dipungut biaya,” pungkasnya.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...