Bupati Sijunjung Terima Dua Penghargaan Lingkungan Sekaligus

  • Bagikan

SIJUNJUNG, KABARSUMBAR – Kabupaten Sijunjung tidak hanya berhasil merebut satu penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, tapi bupati yang menjabat dua periode itu meraih dua penghargaan, yaitu kategori Pembina ProKlim dan Pelaksana ProKlim.

Kategori Pembina ProKlim yang diterima Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin itu diserahkan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ruanda Agung Suhardiman di Auditorium Manggala Wanabakti KLHK Jalan Gatot Subroto, Rabu (24/10).

Bupati yang juga meraih Leadership Award ini mendapat penghargaan sebagai Pembina ProKlim oleh Kementrian LHK karena aktif melaksanakan berbagai program terkait ProKlim di kabupaten yang berpenduduk lebih 240 ribu itu.

Selain aktif, Yuswir Arifin juga telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 31 tahun 2018 tentang Program Kampung Iklim. “Perbup ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Sijunjung dalam upaya mendorong penguatan dan pengembangan adaptasi perubahan iklim dan mitigasi perubahan iklam,” ucap Kabag Humas dan Protokol Setdakab Sijunjung, Henry Chaniago kepada wartawan, Rabu (24/10).

Sementara kategori Pelaksana ProKlim diterima Ketua Komunitas Lokal Bioversity Garcy Tea Jorong Taratak Nagari Latang, kecamatan Lubuk Tarok, Syafri. Apresiasi ini diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Komunitas Lokal Bioversity Garcy Tea ini diberikan penghargaan karena nilai aktif melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terintegrasi.Tak hanya itu, komunitas ini juga ikut mendorong replikasi kegiatan proKlim ke lokasi lain sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pengelolaan lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan besar kepada masyarakat Kabupaten Sijunjung. “Penghargaan ini merupakan kesuksesan masyarakat Sijunjung dalam menjaga dan mengelola lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim,” ucap Bupati Yuswir Arifin.

Turut hadir Sekkab Zefnihan, Asisten II, Edwin Suprayogi, Kadis Pertanian Ronaldi, Plt Kadis Perkim dan LH Ebyuleris, Kabag Humas dan Protokol Henry Chaniago, Direktur PDAM, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Fajar Septian dan Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar Slamet.

(Hendri)

  • Bagikan