Bupati Tanah Datar Buka MTQ Nasional Lintau Buo Utara

Bupati Tanah Datar membuka MTQ Nasional ke-2 Kecamatan Lintau Buo Utara.
Bupati Tanah Datar membuka MTQ Nasional ke-2 Kecamatan Lintau Buo Utara.

Bupati Irdinansyah Tarmizi disaksikan ratusan masyarakat yang memadati halaman Masjid Raya Batu Bulek membuka secara resmi MTQ Nasional ke-2 Tingkat Kecamatan Lintau Buo Utara, Rabu (23/08/17).

Pembukaan MTQ ke-2 ini dimeriahkan penampilan tari kolosal yang apik kolaborasi siswi, remaja dan bundo kandung dari Nagari berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2016.

Dalam kesempatan itu, Bupati Irdinansyah Tarmizi memberi apresiasi yang tinggi kemeriahan pembukaan agenda 2 tahunan ini. “Pembukaan yang meriah menunjukkan rasa kekompakan antar elemen masyarakat terbina dengan baik, mudah-mudahan ini menjadi pertanda baik untuk kelancaran MTQ kali ini,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengajak masyarakat turut mensukseskan kegiatan MTQ yang memiliki nilai strategis di tengah-tengah masyarakat. “MTQ milik kita bersama yang harus disukseskan secara bersama-sama juga,” ajak bupati.

Bupati sampaikan MTQ merupakan salah satu sarana pembinaan generasi muda untuk mencintai alquran sebagai pedoman hidup. Bentuk cinta alquran sebut bupati dengan mendalami ilmu dan keindahan alquran yang nantinya bisa membentuk insan yang berilmu tinggi dan berakhlaq yang mulia.

“Semakin banyak generasi muda Tanah Datar yang cinta Alquran semakin besar aset yang dimiliki Tanah Datar,” ungkap bupati sungguh.

Untuk itu bupati menghimbau guru-guru TPA/TPSA terus meningkatkan kualitas anak-anak didik di berbagai cabang ilmu Alquran, “MTQ menjadi puncak pembinaan TPA/TPSA di seluruh nagari yang ada,” sebut bupati.

Kepada seluruh kafilah dari 5 nagari bupati ajak untuk berkompetisi dengan baik. “Mari berfastabiqul khairat untuk menjadi qari-qariah terbaik dari Lintau Buo Utara yang akan berjuang pada MTQ Tingkat Kabupaten tahun 2018 di Kecamatan Lintau Buo.

“Tidak hanya itu, dalam waktu dekat kita harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin menyongsong MTQ Nasional Tingkat Propinsi di Kota Pariaman, prestasi Juara Umum II yang sudah diraih 5 kali harus kita pertahankan bahkan kalau bisa kita rebut Juara Umum I,” pungkas bupati.

Senada dengan itu Kepala Kemenag Tanah Datar yang juga Wakil Ketua LPTQ Tanah Datar Syamsul Arifin mengatakan MTQ sebagai barometer pembinaan TPA/TPSA di tingkat nagari.

“Saya ajak pemerintahan nagari turut mengembangkan TPA/TPSA di masing-masing wilayah, kontribusi yang nyata berarti turut mendukung visi misi bupati dan wakil bupati mewujudkan masyarakat yang madani,” sampainya.

Sementara ketua panitia Imran Yasir melaporkan MTQ ke 2 diikuti Batu Bulek, Tanjung Bonai, Balai Tangah, Tapi Selo dan Lubuk Jantan dengan mempertandingkan 12 cabang selama 4 hari 23 s/d 26 Agustus 2017 mendatang yang tersebar di 9 jorong.

“Ada tiga cabang eksebisi yakni lomba pasambahan adat, talempong dan pencak silat,” ujar Imran Yasir yang juga Walinagari Batu Bulek dengan prestasi Walinagari Berprestasi Tingkat Propinsi Tahun 2016 yang lalu.

Imran juga sampaikan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat baik di kampung dan di rantau untuk penyelenggaran MTQ di Batu Bulek.

Di kesempatan itu juga dilaksanakan pengukuhan Dewan Hakim oleh Sekcam Lintau Utara Adam Suria dan penyerahan piala Bergilir dari Walinagari Tanjung Bonai selaku Juara Umum MTQ ke 1 tahun 2015 yang lalu kepada ketua panitia.

Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati masa bhakti 2005-2010 Aulizul Syuib, Kabag Kesra Afrizon, Forkompinca, tokoh masyarakat, perantau dan ratusan masyarakat lainnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...