Bupati Tanah Datar Letakkan Batu Pertama Pembangunan RSUD Ali Hanafiah

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Poliklinik di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar, Selasa (31/7/2018). Foto : Rehan
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Poliklinik di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar, Selasa (31/7/2018). Foto : Rehan

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Peningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu Visi Pembangunan jangka menengah yang menjadi prioritas Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar.

Demikian disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Poliklinik di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar, Selasa (31/7/2018).

Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas didukung faktor pembangunan pada bidang kehidupan beragama, pendidikan dan peningkatan segala aspek kesehatan merupakan visi yang hendak dicapai.

“Pembangunan bidang kesehatan merupakan prioritas utama kita bersama, karena apalah artinya uang banyak dan infrastruktur bagus namun masyarakat tidak sehat, tentu percuma saja. Karena itu Saya dan pak Wabup sepakat kesehatan menjadi salah satu prioritas yang harus selalu ditingkatkan,” kata Irdinansyah.

Irdinansyah mengungkapkan, Pemerintah Daerah sangat ingin semua pembangunan bidang kesehatan dilaksanakan paripurna atau secara penuh dan lengkap, namun tidaklah mungkin karena Pemda juga punya keterbatasan terutama dari segi anggaran.

“Dengan keterbatasan Pemda tetap melakukan perbaikan beberapa sarana kesehatan, seperti telah laksanakan rehab, renovasi dan pembangunan 4 Puskesmas dan tahun ini ditambah 2 lagi, sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kita,” ujar Bupati.

Sebenarnya kata Irdinansyag, awalnya RSUD direncanakan akan dipindahkan ke lokasi yang lebih baik, namun karena adanya kendala dalam penyediaan lahan hal itu tidak mungkin dan bisa dilakukan.

“Selepas kepastian tidak bisanya lokasi pembangunan RSUD dipindahkan, Saya berkoordinasi dengan Ketua DPRD dan diperoleh kesepakatan untuk pelaksanaan relokasi dan pembenahan gedung yang ada. Kemudian Saya panggil direktur RSUD untuk menyusun rencana pengembangan yang kemudian kita cari bantuan dari pusat dan pihak lain yang memungkinkan,” kata Irdinansyah.

Irdinansyah menyampaikan, berkat kerja keras pihak rumah sakit dan pihak lainnya serta dukungan menteri Kesehatan, RSUD kita memperoleh bantuan tahap pertama sebesar Rp.33 Milyar dan setelah dilaksanakan tender, maka pembangunan dilaksanakan oleh PT. Tanjung Nusa Persada.

“Saya berharap semua pihak terkait dalam pelaksanaan proyek melakukan pekerjaan sesuai aturan dan peraturan berlaku sehingga jangan ada nantinya yang akan berurusan dengan hukum. Dan Saya berharap kepada pihak Kejaksaan Negeri sebagai pengawas untuk bekerja tanpa pandang bulu, dan selalu ingatkan kalau ada pelanggaran yang dilakukan kepada siapa saja,” katanya.

Irdinansyah berharap, dukungan semua pihak atas pelaksanaan pembangunan Poliklinik RSUD yang menggunakan biaya terbesar selama 3 tahun kepemimpinannya.

“Insya Allah, tahun 2019 nanti RSUD kita akan mempunyai poliklinik yang representatif, aman dan nyaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kita semua, apalagi poliklinik adalah sarana utama dalam memberikan layanan kepada masyarakat” tukasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Anton Yondra menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada Bupati dan Wabup Tanah Datar serta jajarannya terutama pihak RSUD M. Ali Hanafiah yang telah mampu menggagas serta mencanangkan pembangunan poliklinik ini.

“Pembangunan Poliklinik ini merupakan bukti nyata usaha dan kemauan Bupati dan Wabup beserta jajarannya terutama pihak RSUD untuk menciptakan pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi, apalagi pembangunan ini membutuhkan biaya yang sangat besar yakni Rp.33 Milyar lebih yang bisa diperoleh dari dana DAK, kalau berharap dari APBD Tanah Datar tidak mungkin bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Anton juga menyampaikan apresiasi terhadap pelayanan Rumah Sakit sudah cukup memuaskan dan sudah lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dari tahun ke tahun pelayanan sudah semakin baik, seperti pengaturan jam besuk dan kunjungan diatur tanpa pandang bulu, sehingga keadaan di lingkungan pasien lebih aman dan nyaman, dan kalau ada nada sumbang tentu itu adalah hal biasa dan jadikan motivasi dan bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan lebih baik di masa datang,” harapnya.

Di kesempatan sebelumnya Direktur RSUD M. Ali Hanafiah dr. Afrizal Hasan menyampaikan, pelaksanaan pembangunan yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan poliklinik yang dilaksanakan hari ini, terlaksana setelah persiapan semenjak tahun 2015 lalu.

“Dari tahun 2015 lalu kita sudak membuat perencanaan master plan dan maket plan, Alhamdulillah berkat dukungan Bupati dan Wabup serta kerja keras semua pihak terutama pihak RSUD, kita diberikan bantuan dana DAK sebesar Rp. 33,9 Milyar untuk manajemen konstruksi dan Rp.1,9 Milyar lebih untuk pengadaan alat kesehatan dan genset yang telah dimulai tahun 2017 lalu,” sampainya.

Afrizal menambahkan, untuk lebih baik dan terencananya pelaksanaan pembangunan dilibatkan konsultan perencana dan konsultan MK. “Alhmadulillah pemenang tender sudah didapat yakni PT. Tanjung Nusa Persada dari Bandung yang juga sebagai perencana maket plan, besar harapan kita semua pelaksanaan pekerjaan ini sesuai waktu dan rencana karena sangat berpengaruh terhadap pembiayaan tahun 2019,” harap Afrizal.

Turut hadir Kajari Tanah Datar M. Fatria, Kapolres Tanah Datar diwakili Waka Polres, Sekda Hardiman, Kadis Kesehatan Propinsi Sumbar, Asisten I dan II serta Kepala OPD se-Tanah Datar, pejabat jajaran RSUD M. Ali Hanafiah dan undangan lainnya.
[Rehan]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...