Bupati/Wali Kota Tidak Bisa Ganti Pejabat Seenaknya

Gubernur Sumbar memberikan kata sambutan di hadapan bupati/wali kota.
Gubernur Sumbar memberikan kata sambutan di hadapan bupati/wali kota.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta para bupati/wali kota sungguh-sungguh memahami aturan kepegawaian. Sehingga ke depan tidak ada lagi pelanggaran aturan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Hal di atas disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di hadapan bupati/wali kota se-Sumbar dalam Rapat Koordinasi dalam Rangka Penguatan sebagai Wakil Pemerintah Pusat dalam Pembinaan dan Pengawasan Manajemen dan Monitoring Tindak Lanjut Rekomendasi KASN di Auditorium Gubernuran, Kamis, 19 Oktober 2017.

Selama ini menurut Irwan Prayitno, banyak yang memahami aturan setengah-setengah dan masing-masing merasa benar dalam menjalankannya, sehingga aturan jadi abai.

“Kita (kepala daerah) sebagai pembina ASN harus paham aturan, mohon pelajari dan pahami aturan tentang ASN, supaya kebijakan yang dikeluarkan tepat,” ujar Irwan dalam Rakor yang dihadiri Ketua Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) dan tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) itu.

Ketika kepala daerah melakukan pelanggaran, menurut Irwan akan menuai protes, menuai demo, menuai gugatan ke PTUN, ada juga yang lapor ke KASN, protes, tidak terima, merasa kecewa dan merasa dizalimi.

Di sisi lain, menurut Irwan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten itu satu organisasi. Jika Sumbar ingin maju, pemprov harus bersinergi dengan kabupaten/kota.

Jadi, masing-masing harus memahami bahwa semuanya saling terkait dan hendaknya saling menghargai tupoksi masing-masing.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.