Cara Cek Tiket Pesawat secara Online

Pesawat Lion Air PK-LQR terparkir di stand 5 Bandara Minangkabau, Padang Pariaman. Foto : Istimewa
Pesawat Lion Air PK-LQR terparkir di stand 5 Bandara Minangkabau, Padang Pariaman. Foto : Istimewa

Liburan, perjalanan bisnis, solo traveling, atau bahkan bulan madu, semua sudah bisa Anda lakukan tanpa perlu takut direpotkan dokumen Kesehatan selama Anda telah divaksin.

Terlebih semuanya serba digital, jadi Anda dapat mengakses apapun untuk rencana perjalanan Anda dengan mudah. Salah satu layanan yang siap membantu Anda adalah Traveloka.

Anda dapat mengakses mulai dari tiket pesawat, hotel, hingga destinasi wisata dalam satu aplikasi. Terdapat banyak pilihan maskapai yang siap mengantar kemana pun tujuan Anda. Anda juga dapat dengan mudah memesan tiket pesawat tanpa perlu memesan di bandara. Untuk itu, kami lalu merangkum beberapa cara cek tiket pesawat di Traveloka untuk Anda.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara cek tiket pesawat, kami akan merangkum sedikit bagaimana Anda akan melakukan pemesanan tiket pesawat.

1. Mengunduh Aplikasi Traveloka

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Traveloka. Pemesanan juga dapat dilakukan melalui website, namun dengan aplikasi Anda dapat dengan mudah memeriksa dan melihat status pemesanan Anda. Anda juga dapat menerima berbagai informasi perjalanan lainnya melalui aplikasi.

2. Mengisi Informasi Penerbangan

Setelah itu, Anda akan diarahkan pada laman untuk mengisi informasi penerbangan pada bagian tiket pesawat. Anda hanya perlu mengisi kota tujuan, tanggal keberangkatan, tanggal pulang, jumlah penumpang, dan kelas penerbangan.

Anda juga dapat membeli tiket multi-kota yaitu dua tiket dengan tujuan yang berbeda dalam satu Kali transaksi. Jadi, kemanapun Anda pergi akan terasa mudah dan nyaman.

3. Melakukan Pemesanan dan Mengisi Data Diri

Jika selesai, maka Traveloka akan menampilkan beragam informasi penerbagan berupakan maskapai, jadwal keberangkatan, harga tiket, dan durasi penerbangan. Detail informasi ini akan memudahkan Anda untuk menentukan rencana perjalanan dengan mudah dan cepat.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data diri dan penumpang yang berangkat bersama Anda. Data diri yang diminta adalah berupa nama lengkap, gelar panggilan, usia, alamat email, nomor hp, dan jenis kelamin.

4. Melakukan Pembayaran

Kemudian, jika data diri telah diisi maka Anda akan diarahkan pada laman pembayaran. Terdapat banyak pilihan metode pembayaran yang dapat Anda gunakan seperti melalui transfer dengan ATM, teller bank, sms banking, m-banking, dan e-banking. Anda juga dapat membayar melalui indomaret dan atau menggunakan kartu kredit.

Pada proses pembayaran ini, Anda juga dapat menukarkan Traveloka point yang Anda miliki dan mendapatkan potongan harga sejumlah dengan point yang Anda dapatkan.

5. Penerbitan E-ticket

Setelah pembayaran terkonfirmasi dan berhasil, maka dalam kurun waktu 60 menit Anda akan menerima E-tiket melalui email yang Anda gunakan oleh Traveloka. E-tiket ini nantinya akan digunakan dalam proses check-in baik secara mandiri maupun melalui counter check-in di bandara.

Apabila dalam waktu 60 menit Anda belum menerima E-tiket, Anda dapat langsung menghubungi customer service Traveloka dan atau maskapai yang akan Anda gunakan.

Cara Cek Tiket Pesawat Online

Setelah mengetahui cara memesan tiket pesawat di Traveloka, kami merangkum beberapa informasi seputar cara cek tiket pesawat di Traveloka agar Anda dapat dengan mudah melacak pemesanan dan mendapatkan informasi penerbangan lainnya.

1. Klik Menu Cek Pemesanan

Untuk melihat status pemesanan Anda secara real-time, dapat dilihat melalui website Traveloka. Pada laman profil, Anda dapat langsung klik cek pemesanan pada bagian atas kanan website.

2. Mengisi Data Pemesanan Tiket

Anda kemudian akan diarahkan pada laman cek pemesanan dan perlu memasukkan nomor pesanan dan nomor telepon yang Anda gunakan pada proses pemesanan sebelumnya. Nomor pesanan dapat diketahui setelah Anda selesai mengisi data diri dan siap melakukan pembayaran.

Jika Anda lupa informasi nomor pemesanan, Anda dapat klik lupa no. Pesanan? Lalu Anda akan diarahkan untuk mengisi data lainnya merupakan kota asal, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan nomor telepon yang Anda gunakan.

3. Cek Tiket Pesawat Anda

Setelah semua data diisi, Anda akan diarahkan pada laman informasi pemesanan tiket. Pada lama tersebut terdapat informasi pembayaran jika belum melakukan pembayaran, informasi penerbangan dan instruksi untuk melakukan pembayaran.

Kemudian, setelah pembayaran selesai dikonfirmasi lama Traveloka akan menampilkan status penerbitan tiket Anda lengkap dengan data diri dan informasi penerbangan. Jika selesai, E-tiket Anda akan terkirim melalui email atau dapat diunduh langsung pada laman pemesanan.

Itulah beberapa cara cek tiket pesawat yang dapat Anda lakukan. Selain itu, jika Anda ingin melakukan refund, dapat dilakukan melalui website Traveloka ataupun aplikasi. Refund dapat dilakukan jika status pembayaran telah lunas dan membutuhkan 2 hari kerja hingga dana kembali. Anda juga dapat menukarkan Traveloka point pada setiap transaksi dan dapatkan diskon sebanyak-banyaknya. Selamat menikmati perjalanan !