Ragam  

Dekopinwil Sumbar Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke-75 Koperasi di Indonesia

Padang – Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sumatera Barat (Sumbar) memperingati Hut ke-75 Hari Koperasi, Selasa (12/7) di halaman Kantor Dekopinwil Sumbar, Kota Padang.

Dalam amanatnya, Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim berharap seluruh pihak dapat mewujudkan koperasi profesional dengan memanfaatkan informasi teknologi (TI).

TI dewasa ini menjadi kebutuhan mendesak yang harus dimiliki lembaga/instansi dan organisasi, tak terkecuali koperasi.

“Koperasi sudah terbukti tangguh dan mampu bertahan dari terpaan krisis ekonomi. Ini mempertegas, koperasi bisa mengangkat perekonomian masyarakat dan daerah. Jadi kita semua harus serius membina dan mengembangkan koperasi ke arah profesional,” kata Hendra, usai memimpin upacara peringatan HUT ke-75 Hari Koperasi, Selasa (12/7) di halaman Kantor Dekopinwil Sumbar.

Hendra menjelaskan, Gerakan Koperasi Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-75 pada 12 Juli tahun ini. Usia yang menandakan kematangan dalam berorganisasi dan kemampuan menjawab berbagai tantangan zaman.

Bahkan tema tahun ini “Menuju Transformasi Digital dan Peran Melinial Membangun Kemandirian Koperasi ” mendorong semua pihak agar selalu berinovasi mewujudkan koperasi yang profesional dengan memanfaatkan IT.

“Hal ini sejalan dengan langkah transformasi koperasi yang dikelola secara konvensional menjadi koperasi syariah yang sedang gencar dilaksanakan di Sumatera Barat,” jelasnya.

Jadi, dengan semakin berperannya koperasi dalam membangun dan mensejahterakan ekonomi rakyat akan membuat Bapak Koperasi, Bung Hatta tersenyum.

Hendra juga menyebutkan pemerintah menggelorakan gerakan “Ayo Berkoperasi” yang terhubung dengan Program Gerakan Revolusi Mental, yang bertujuan untuk meningkatkan literasi perkoperasian dan generasi muda tertarik untuk berkoperasi.

“Sebagai agen pembangunan, generasi muda kita harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong royong dan usaha bersama, yang keseluruhannya akan diperoleh melalui koperasi,’ katanya.

Dalam tahun ini, untuk pertama kalinya Dekopinwil diwarnai dengan upacara bendera, biasanya hanya ‘numpang’ dengan pemerintah dalam kapasitas undangan.

“Rasanya tidak pernah upacara peringatan koperasi di Dekopinwil dilaksanakan. Ini pertama kalinya. Entah kalau saya lupa. Sungguh luar biasa pengurus kali ini. Walau banyak yang memandang upacara peringatan Hari Koperasi tidak bernilai alias hambar, itu anggapan salah. Ini momentum untuk mengangkat nama koperasi,” kata Endarmy mantan Anggota DPRD Sumbar sekaligus juga mantan Ketua Dekopinda Padang Pariaman.

Dalam upacara itu, ikut juga pengurus Dekopinda kabupaten/kota dan pengurus koperasi lainnya.