Di Tahun Ketiga, Tanah Datar Lahirkan 6000 Hafidz

Selama 3 tahun, pertumbuhan rumah tahfidz mendukung program unggulan IRAMA

 

Fhoto : Ketiga kalinya setiap tahun pemkab mewisuda 1000 hafidz pertahun. Program unggulan pemkab menjadi percontohan daerah lain. (Ddy)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, kembali wisuda 1000 Hafidz dari 146 rumah tahfizd yang ada di daerah itu, Minggu (14/10) di Halaman Istano Basa Pagaruyung.

Selain mewisuda Hafiz dan Hafizah, pemkab juga melalui donatur memberikan reward umroh gratis bagi Hafiz dan Hafizah yang mampu menghafal Alquran lebih dari 5 Juz.

Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 146 rumah tahfizd yang ada di Tanah Datar sudah mendukung program pemerintah yang menjadi visi kepemimpinan Irama (Irdinansyah Tarmizi – Zuldafri Darma).

“Meski yang diwisuda saat ini sebanyak 1000 Hafiz, namun setiap tahunnya Tanah Datar sudah melahirkan 6000 Hafiz. Ini sudah ketiga kalinya kita mewakaf 1000 hafiz. Angka ini berasal dari tanggungan 2.160 guru yang wajib membawahi 3 orang anak,” ucap Irdinansyah Tarmizi.

Program ini kata bupati, merupakan program unggulan dan strategis pemerintah kabupaten Tanah Datar dalam mencetak anak anak yang islami dan mengenal Alquran yang sudah banyak ditiru oleh daerah lain, dan pada wisuda selanjutnya sebut Irdinansyah, pemkab berharap anak anak dapat meningkatkan lagi hafalan Alquran nya.

“Kita berharap, ditahun depan, anak anak yang baru hafal 1 Juz bisa menjadi 2 Juz atau 3 Juz. Dalam 3 tahun ini, terdapat 146 rumah tahfiz, dan 8 diantaranya dibina lansung oleh pemerintah daerah dengan memberikan gaji kepafa gurunya,” tutur Bupati.

Fhoto : Bupati Irdinansyah Tarmizi berikan reward kepada hafizd terbaik. (Ddy)

Diketahui, awal kepemimpinan pasangan IRAMA ini di Tanah Datar, keberadaan rumah tahfiz hanya berjumlah 8 rumah tahfiz. Namun sekarang, jumlah tersebut telah bertambah hingga menjadi 146 rumah tahfiz yang tersebar hampir diseluruh kecamatan di Luhak Nan Tuo.

Sementara itu, ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra juga menyampaikan, selama ini pihaknya selalu mendukung program wakaf 1000 hafiz oleh pemkab Tanah Datar, meski demikian legislatif berharap pembinaan rumah tahfiz diimbangi dengan pembinaan kepada hafizdnya.

“Selaku pimpinan DPRD, kami banyak mendengar, bahwasannya ketika yang menanam guru TPA, dan yang mengambil buahnya kita diwisuda tahfiz. Apa salahnya pembinaan diimbangi dengan pembiayaan, terutama guru honor dimasing masing LPA,” ucap Anton Yondra.

Anton berharap, adanya dana transportasi tambahan bagi guru hafiz di Tanah Datar, dan DPRD siap untuk menganggarkan di APBD kabupaten Tanah Datar pada tahun berikutnya. (Ddy)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...