Diduga Dimangsa Harimau, 14 Kambing Warga di Supayang Solok Ditemukan Mati

Solok Arosuka – Selasa (4/10), Belasan Kambing milik warga di Jorong Tiagan, Nagari Supayang, Kabupaten Solok ditemukan mati secara misterius. Bangkai kambing ditemukan dalam keadaan tercabik-cabik.

Peristiwa itu diketahui pemilik kambing, Roy Indra saat pagi hari melihat ternak kambing miliknya, Ia terkejut saat di tengah jalan menuju kandang ternaknya ditemukan jejak binatang buas yang diduga harimau.

Saat sampai di kandang kambingnya, Roi menemukan kambing miliknya dalam keadaan mati dengan tubuh tercabik-cabik. Kambing tersebut ditemukan di sekitar kandang miliknya. Selain itu, ia juga menemukan kambing miliknya di areal ladang dengan kondisi yang sama.

Pemilik kambing kemudian melaporkan peristiwa itu ke Pemerintah Nagari dan Polsek Payung Sekaki. Petugas dan aparat nagari kemudian melakukan pemeriksaan ke lokasi kandang kambing miliknya.

Kapolsek Payung Sekaki, Iptu Azirman membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, total kambing yang mati diterkam hewan buas tersebut mencapai 14 ekor.

“Diduga kuat kambing tersebut dimangsa harimau. Pemilik lupa mengunci kandang kambingnya sebelum pulang, sehingga hewan buas bisa masuk,” terang Iptu Azirman.

Akibat peristiwa itu, pemilik mengalami kerugian sekitar Rp25 juta. Sementara ini, pihak Polsek Payung Sekaki dan pemerintah Nagari juga sudah melakukan koordinasi dengan BKSDA Sumbar untuk mengatasi serangan hewan buas tersebut.

Pasca kejadian, Kapolsek juga menghimbau warga untuk lebih berhati-hati, terutama saat beraktivitas di areal ladang. Kemudian mengamankan ternak yang dikandangkan jauh dari rumah.