Diduga Pelanggaran HAM, Ini Kelanjutan Kasus Tewasnya DPO di Sungai Pagu !

  • Bagikan
Foto : ilustrasi

Padang – Tindak lanjut kasus tewasnya DPO di Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan beberapa waktu lalu berbuntut panjang.

Pasalnya ada dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan pihak kepolisian atas atas tewasnya tersangka tindak pidana judi berinisial DG.

Hal ini dinyatakan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pada hari ini, Jumat 29 Januari 202. Dalam keterangan, LBH Pergerakan menjadi kuasa hukum keluarga DG.

Kuasa hokum dari LBH Guntur Abdurrahman  menyebut, jika adanya dugaan pelanggaran HAM dalam proses penembakan yang dilakukan petugas kepolisian, yang berujung tewasnya tersangka tersebut.

“Atas tindakan para pelaku yang diketahui sebagai anggota kepolisian, berakibat hilangnya nyawa korban, meninggalkan trauma mendalam terhadap istri dan anak-anak korban karena dibunuh langsung di hadapan mereka,” sebut Guntur Abdurrahman.

Ia meminta penegakkan hukum lantaran merasa terzalimi dengan kematian tersangka yang merupakan suami sekaligus ayah dari anaknya yang masih kecil.

“Kepolisian secara profesional menegaskan hukum dan menindak tegas seluruh pelaku sesuai ketentuan hukum pidana atas kejahatan penghilangan nyawa tanpa pandang bulu, meskipun diketahui pelaku adalah anggota kepolisian,” jelas Guntur.

Atas peristiwa tersebut, pihaknya menilai aparat kepolisian telah melanggar HAM sebagaimana ketentuan pasal 28 G Ayat 1 UUD 1945.

“Perbuatan yang bersangkutan yang diketahui sebagai anggota polisi terhadap keluarga korban dengan melakukan penembakan pada bagian kepala kepada korban yang melarikan diri patut diduga adalah bentuk pelanggaran HAM,” kata Guntur.

Sesuai ketentuan hikum pidana atas kejahatan penghilangan nyawa, pihaknya meminta agar kepolisian bertindak secara profesional dan tegas terhadap yang bersangkutan, walaupun yang bersangkutan adalah anggota kepolisian.

“Kami minta kepada Kapolri agar menjatuhkan sanksi yang setimpal kepada yang bersangkutan, sehingga masyarakat yakin hukum itu tidak hanya tajam ke bawah, dan tumpul keatas,” imbuhnya.

  • Bagikan