Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Himbau Masyarakat Buang Sampah Pada Tempatnya

Solok Kota – Pemerintah Kota melalui petugas kebersihan telah melaksanakan berbagai upaya untuk menjaga kebersihan di Kota Solok, hal ini tentu perlu didukung oleh kesadaran masyarakat dalam menjaga dan merawat lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

Sampah yang berserakan di luar bak kontainer di Taman Pramuka, Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, telah ditangani oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, Rabu (3/4).

Pengawas mobil angkutan sampah, Mitra Yoriskia, SH. mengatakan pengangkatan sampah pada lokasi tersebut dilakukan setiap hari, walau sudah disediakan bak kontainer sampah, sampah masih sering ditemukan berserakan di luar bak kontainer.

Kemungkinan ada oknum yang sengaja membuang sampah diluar kontainer atau memang ada hewan yang mengacak sampah sehingga sampah keluar dari bak.

“Sampah-sampah banyak yang berserakan di luar kontainer, padahal masih kosong. Kita masih belum tau siapa pelakunya, apakah masyarakat atau hewan,  dan itu dibiarkan saja berserakan,” ucapnya.

“Jika sampah di dalam kontainer meluber, itu persoalan lain, Percuma Pemkot dan petugas kebersihan telah berupaya maksimal, tapi sampah masih berserakan di luar bak sampah,” tambahnya.

Akibat dari sampah yang berserakan di luar bak sampah, petugas kebersihan bekerja lebih ekstra, tidak hanya mengangkat sampah di bak kontainer tetapi juga membersihkan sampah yang berserakan di luar bak kontainer, jika tidak selesai maka akan dibantu oleh rute selanjutnya, dan ini akan memakan waktu lebih lama.

“Ada dahan pohon mahoni hasil pemangkasan dari beberapa oknum dibuang di luar bak kontainer, sehingga shift berikutnya harus membantu untuk melalukan pengangkutan. Kalau kita lihat ada yang buang sampah diluar kita bisa menegur dan memberi tahu untuk dibuang ke kontainer, tetapi kita juga tidak bisa lihat semua sepanjang hari,” tambah petugas kebersihan ini.

Tindakan masyarakat yang disiplin dalam membuang sampah ke dalam kontainer yang disediakan, tentunya akan mempermudah petugas kebersihan dalam pengangkutan sampah di TPS.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas, Edrizal, SH. MM, meminta kerjasama petugas kebersihan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar disiplin membuang sampah pada kontainer yang telah disiapkan, sehingga tidak menimbulkan tumpukan sampah di luar kontainer.

“Walaupun di bulan puasa, tetap semangat dan selalu bekerja sama dengan baik untuk kawan-kawan petugas kebersihan, selanjutnya kami berharap agar masyarakat membuang sampah pada kontainer yang sudah disiapkan, agar tidak terjadi penumpukan sampah di luar kontainer. Sehingga petugas juga lebih mudah mengangkut sampah,” pungkasnya

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.