Dua Unit Mobil Damkar Baru Siap Beroperasi di Solok

SOLOK, KABARSUMBAR – Kota Solok menambah dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang dianggarkan melalui APBD 2018 yang mana hari kini Kota Solok memiliki enam armada mobil yang siap beroperasi menghadapi bencana kebakaran di Kota Solok.

“Dua unit mobil damkar berkapasitas 4000 liter air dan 400 liter air, serta satu unit mobil operasional Satpol PP, dengan total anggaran tiga unit mobil baru mencapai Rp3,1 miliar,” kata Kepala Satpol PP Damkar Kota Solok, Bujang Putra di Solok, Selasa (7/8/2018).

Ia mengaku bersyukur dengan pengadaan armada baru tersebut, mengingat kebutuhan sarana pemadam mencakup wilayah Kota Solok dan daerah lainnya.

Saat ini Kota Solok hanya memiliki empat unit damkar tembak dan armada mobil tangki. Itupun, kata dia, tiga diantaranya tidak berfungsi maksimal karena usianya sudah mencapai sekitar 20 tahun.

“Idealnya, untuk wilayah Solok, mestinya ada delapan mobil damkar. Dengan adanya dua unit mobil baru ini, kami harapkan jumlah ideal itu terpenuhi, meski tiga armada tidak bisa kita paksakan beroperasi,” ujarnya.

Meski begitu, Pemkot Solok berkomitmen secara bertahap melakukan pergantian armada damkar dengan unit-unit yang baru, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa betul-betul maksimal.

“Tentu akan disesuaikan dengan kemampuan daerah,” ujarnya.

Lanjutnya, kelebihan dari armada baru ini sudah menggunakan panel-panel elektrik, sedangkan jangkauan penyemprotan mencapai 40 meter secara vertikal dan 70 meter untuk arah horizontal.

“Untuk kapasitas tangki air mampu menapung 4000 liter, sementara untuk kapasitas tangki air 400 liter air dapat memudahkan petugas masuk ke gang kecil,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solok, Zul Elfian menyebutkan, dengan penambahan dua unit damkar baru bisa lebih memotivasi unit damkar agar lebih optimal melakukan penanganan bencana kebakaran.

“Tapi saya lebih senang jika mobil tersebut jarang digunakan. Kami tentu tidak berharap kebakaran terjadi, semakin jarang (kebakaran) itu akan lebih baik,” kata dia.

Walaupun memiliki keunggulan dibanding dengan armada sebelumnya, Zul Elfian mengatakan bahwa unit baru itu masih belum sesuai yang diharapkan.

“Spesifikasinya belum seperti yang diharapkan. Kelengkapan tangga mekanis belum ada, sehingga mobil ini kurang optimal untuk digunakan pada objek gedung bertingkat,” katanya.

[Fernandez]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...