Dukcapil di Kota Ini Sambangi Warganya, Kenapa ?

Proses perekaman data untuk pembuatan e-KTP di SMA Negeri 2 Lubuk Basung, Kabupaten Agam oleh Disdukcapil.
Proses perekaman data untuk pembuatan e-KTP di SMA Negeri 2 Lubuk Basung, Kabupaten Agam oleh Disdukcapil. Foto : Istimewa
Proses perekaman data untuk pembuatan e-KTP di SMA Negeri 2 Lubuk Basung, Kabupaten Agam oleh Disdukcapil.
Proses perekaman data untuk pembuatan e-KTP di SMA Negeri 2 Lubuk Basung, Kabupaten Agam oleh Disdukcapil. Foto : Istimewa

PADANGPANJANG, KABARSUMBAR-Tidak ingin warganya tak memiliki identitas kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) mendatangi rumah-rumah warga, Senin (28/5/2018).

Pasalnya, masih ada ribuan warga Kota Padang Panjang belum terekam data kependudukannya. Namun, upaya perekaman itu terus dilakukan, tidak hanya melayani di kantor.

Data dari Disdukcapil kota setempat, sebanyak 1.638 warga belum melakukan perekaman data elektronik kartu tanpa penduduk (e-KTP). Sementara, kota tersebut tidak lama lagi akan menghelat pesta demokrasi.

Beragam macam alasan mereka terima dari warga, bahkan ada yang menolak. Layanan ini kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Panjang, Maini akan terus digencarkan.

Menyambangi rumah-rumah, terutama bagi warga Padang Panjang yang telah lanjut usia, kemudian berkebutuhan khusus.

Maini sangat berharap peran dari RT/RW setempat untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga atau keluarga yang masih belum melakukan perekaman data.

Disdukcapil Padang Panjang memang kesulitan dalam perekaman, karena beberapa warga tidak berada di tempat atau merantau, meskipun demikian tetap mengupayakan.

“Kami terus berupaya melakukan perekaman, sehingga tidak ada lagi warga yang tidak mengantongi identitas kependudukan,” ungkapnya.

Kegunaan atau fungsi dari e-KTP sangat banyak. Ketika tidak melakukan perekaman akan kesulitan mengurus adminsitrasi atau keperluan lainnya.

Layanan masyarakat itu tidak hanya dilakukan di kantor, selain mendatangi rumah warga, juga membuka layanan di tiap kelurahan dan lembaga pendidikan, seperti sekolah.

Akhir April tahun ini, Disdukcapil Padang Panjang berhasil melakukan perekaman terhadap warganya, yakni sebanyak 37.413 warga dari 39.051 dan telah memiliki e-KTP.