Empat Jajanan yang Dapat Dinikmati di Pantai Padang

PADANG, KABAR SUMBAR – Berwisata ke Pantai Padang atau yang dikenal dengan nama Taplau (Tapi Lauik) di Kota Padang, Sumatera Barat tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, namun juga sekaligus bisa menikmati jajanan enak dan murah yang berjejer di sepanjang bibir pantai dengan harga yang terjangkau tentunya.

Berikut empat jajanan yang ada di Pantai Padang:

1. Langkitang
Langkitang hampir mirip dengan keong namun cangkang langkitang sedikit lebih panjang dan ramping. Biasanya langkitang dimasak dengan kuah gulai dan sedikit pedas.

Dengan harga Rp5.000 satu porsi langkitang siap menemani wisatawan menikmati keindahan Pantai Padang.

Sensasi lain ketika menikmati langkitang adalah cara memakannya, yakni dengan dihisap atau bahasa Minangkabaunya di “cucuik”. Anda harus menghisap langkitang untuk mengeluarkan dagingnya dari cangkang.

2. Pensi
Pensi adalah penganan yang diolah dari kerang air tawar seperti danau. Ukurannya kecil dan kulit atau cangkangnya berwarna hitam, ada juga hitam kekuning-kuningan. Di Pantai Padang pensi yang diolah dengan beberapa varian seperti dimasak dengan kuah gulai dan juga ditumis.

Sama dengan langkitang, satu porsi pensi juga dihargai Rp5.000 saja.

3. Kerupuk Mie Kuah
Selain langkitang dan pensi, jajanan ini juga salah satu primadona wisata kuliner di Pantai Padang. Kerupuk dengan bihun yang sudah diberi bumbu kemudian diberi kuah sate berwarna kuning siap disajikan jika berkunjung ke Taplau. Rasanya yang gurih akan membuat tagih.

Harganya juga sama dengan langkitang dan pensi, yakni Rp5.000 satu porsi. Kerupuk mie akan bertambah nikmat bila disantap sambil bergurau dengan teman-teman.

4. Kelapa Muda
Mungkin sajian es kelapa muda sudah tidak asing lagi jika berwisata ke daerah pesisir. Apalagi di tengah cuaca terik, minuman ini cukup menyegarkan tenggorokan. Di Pantai Padang tidak sulit menemukannya. Sepanjang pantai kelapa muda tersedia, penyajiannya juga tergantung selera. Bisa kelapa muda murni tanpa dicampur bahan lain dan langsung disajikan dengan batoknya. Ada juga dengan ditambah susu atau jeruk misalnya.

Harganya juga tergantung variasi rasa yang dipesan, es kelapa murni biasa dihargai Rp5.000 per buah, jika ditambah susu atau jeruk rata-rata dijual Rp9.000 atau Rp10.000.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...