Festival Layang-Layang Padang Panjang Bakal Digelar di Tengah Pandemi

Padang Panjang – Pemerintah Kota Padang Panjang mengumumkan bahwa festival layang-layang darek atau yang dikenal dengan Alek Nagari Alang-Alang Padang Panjang Batipuah X Koto, tahun ini akan diselenggarakan pada 20 September 2020 mendatang.

Kegiatan ini dilaporkan akan dihelat di kawasan Desa Wisata Kubu Gadang, Ekor Lubuak, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Walikota Padang Panjang sendiri menyambut baik gagasan acara ini yang disampaikan sendiri oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kubu Gadang beserta niniak mamak Kenagarian Gunuang, serta beberapa tokoh masyarakat lain.

“Festival layang-layang di musim Covid-19 ini, hendaklah digunakan oleh kalangan niniak mamak untuk mengingatkan anak kemenakannya agar melestarikan adat dan budaya kita. Selain itu, juga merupakan sarana hiburan bagi anak kemanakan saat ini. Yang terpenting adalah mengingatkan anak kemanakan untuk selalu menaati protokol kesehatan,” kata Walikota Padang Panjang Fadly Amran, Senin, 31 Agustus 2020.

Terlepas dari pentingnya perwujudan penerapan protokol kesehatan pada acara tersebut, Fadly sangat menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Insya Allah untuk hadiah utamanya langsung dari saya,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Padang Panjang Timur, Doni Rahman, juga mengkonfirmasi tanggal pelaksanaan acara tersebut dan menyatakan kesiapannya dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini membawa nilai-nilai budaya yang perlu dilestarikan oleh anak dan kemenakan, seperti salah satunya adalah kewajiban memakai pakaian adat.

“Hal menarik dari festival ini nantinya, adalah dimana para pemain (yang menaikan layang-layang) diwajibkan untuk memakai deta, sisampiang, pakai baju kemeja dan celana dasar atau juga bisa menggunakan sarawa galambuang,” ujarnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...