Daerah  

Festival Pusako 2023 Usai, Tembus Belasan Ribu Pengunjung

Foto : Festival Pusako 2023

Padang – Gerakan Kalcer Festival Pusako Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 mengakhiri rangkaian acara pada Minggu 15 Oktober 2023 di Fabriek Bloc, Kota Padang setelah berlangsung selama lima hari sejak Rabu 11 Oktober. Dalam periode tersebut, Fabriek Bloc menyambut total 16.552 pengunjung.

Pimpinan produksi Festival Pusako, Vyndo, mengungkapkan data ini. “Angka tersebut didasarkan pada mesin checker di gerbang Fabriek Bloc, yang mencakup semua pengunjung baik yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan,” jelasnya.

Foto : Internet

Hari paling ramai pengunjung adalah Sabtu, 14 Oktober, menjelang malam Minggu. Vyndo sangat mengapresiasi peran pengkarya, panitia, dan para pengunjung yang turut berkontribusi dalam suksesnya acara PKN ini.

Pada hari terakhir Festival Pusako, diselenggarakan diskusi musik dengan para musisi ternama seperti Cimay Ardana, Eghip Kurniawan, Robi Navicula, dan Uswatul Hakim. Serta penampilan memukau dari musisi-musisi asal Sumatera Barat seperti Naramajas, The Secret, dan CPNS. Acara ditutup dengan atraksi budaya yang luar biasa oleh Sipaningkah bersama AGDG dan Rama Anggara yang memadukan alat musik lokal dengan musik elektronik instrumental.

Selama Festival Pusako, direktur artistik Mahatma Muhammad menjelaskan bahwa lebih dari belasan ribu pengunjung meramaikan beragam pameran, diskusi, dan pertunjukan dari 5 bidang kuratorial yang berbeda.

Para kurator, seperti Rijal Tanmenan untuk atraksi budaya, Yusuf Fadly Aser untuk seni rupa, Harista Wijaya untuk film, literasi, dan arsip, Akbar Nicholas untuk musik, serta Angelique Maria Cuaca untuk Gastronomi dan Kalcer, telah berkolaborasi dengan komunitas lokal Sumatera Barat, dan Mahatma mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi serta memberikan dukungan. Semoga semangat kreatifitas di Sumatera Barat terus berkembang.

Foto : Festival Pusako 2023

Selain itu, siswa dan guru dari berbagai sekolah, di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), juga terlibat dalam acara ini, termasuk SMA Negeri 2 Gunung Talang yang mengikuti Workshop Grafiti pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.