Gubenur Harapkan Minangkabau Cup Lahirkan “Bibit Unggul” Pesepakbola

  • Bagikan
Gubenur Sumbar Irwan Prayitno saat memberikan kata sambutan sekaligus melaunching Minangkabau Cup II, di Hotel Mercure, Sabtu (1/12/2018). (Putri)

 

PADANG, KABARSUMBAR – Gubenur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan melalui ajang turnamen sepakbola kolosal dan terbesar di tanah air, Minangkabau Cup II 2018 diharapkan mampu melahirkan bibit unggul Pesepakbola dan mendorong prestasi olahraga di daerah.

“Turnamen ini sangat bagus dan strategis dalam meningkatkan semangat berolahraga. Kami tentu berharap hal ini akan mendorong prestasi olahraga ke depan,” ujar Irwan saat memberikan kata sambutan dan melaunching Turnament Minangkabau Cup 2018 di Mercure Hotel, Padang, Sabtu (1/12).

Melalui event Minangkabau Cup kata Irwan, cara strategis dalam mencari pesepakbola potensial yang akan menorehkan prestasi di tingkat nasional bahkan internasional. Karena event tersebut diikuti oleh para remaja di Sumbar ini.

“Nantinya skill para atlit akan diseleksi dan diuji melalui kompetisi dipertandingan yang sangat selektif. Tentunya dengan keberhasilan dalam olahraga merupakan bagian dari prestasi pembangunan daerah,” kata dia.

Dikatakannya, saat ini masih banyak di daerah bakat pesepakbola yang terpendam harus dibina dan diproses pembinaan untuk melatih skill. “Penting di kecamatan atau atas nama kabupaten/kota diikutsertakan kompetisi karena ini stok modal untuk masuk PSP Padang bahkan kalau perlu dari sekolah dasar atau saat masih kecil,” ungkap Irwan.

Dari event terbesar ini diharapkannya dapat mulai membangkitkan semangat olahraga dan memupuk jiwa sportifitas agar melahirkan generasi muda yang sportif, jujur dan berkarakter yang nantinya akan mengangkat nama Minangkabau. Hal tersenyum tentu bisa menumbuhkan semangat olahraga di tengah masyarakat.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta Bupati dan Walikota agar dapat ambil bagian guna memberikan dukungan serta memotivasi generasi muda yang akan berkompetisi ditingkat kecamatan seluruh Kabupaten/Kota se-Sumbar.

“Perlu partisipasi Forkopinda dan Kepala Daerah untuk mengajak masyarakat ikut serta meramaikan dan menyukseskan Minangkabau Cup. Karena penonton terbanyak adalah sepakbola,” ungkapnya.

Terakhir, Gubenur Sumbar mengajak seluruh forkopinda dan masyarakat untuk ikut menyukseskan bersama event ini dan menyiapkan tim sepakbola dari Kecamatan yang ada di Sumbar.

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo mengatakan melalui turnamen tersebut menjadi ajang pencarian bibit pesepakbola dengan melakukan pemantauan kepada pemain yang bertanding di Minangkabau Cup dan dilakukan pembinaan jelang digelarnya Porwil 2019.

Tidak hanya itu, Ketua Panitia Pelaksana Minangkabau Cup, Tri Suprajeni mengatakan turnamen sepakbola tersebut akan dimulai 15 Desember 2018 di Gelanggang Olahraga Haji Agus Salim dan berakhir pada 23 Maret 2019.

“Kami berharap masyarakat ikutserta meramaikan turnamen sepakbola kolosal ini, karena berlangsung selama tiga bulan lebih dan ditargetkan sekitar 300 ribu penonton,” harapnya.

(Putri Caprita) 

  • Bagikan