Gubernur Sumbar Harapkan Pembagian Daging Kurban Tidak Gunakan Kantong Plastik

PADANG, KABAR SUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengharapkan pembagian daging kurban saat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah tidak menggunakan kantong plastik untuk mengantisipasi timbunan sampah plastik di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan melalui surat edaran yang ditujukan kepada bupati/walikota se-Sumatera Barat untuk diteruskan ke panitia kurban masjid dan mushalla. Berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam pengelolaannya merupakan kewajiban kabupaten/kota yang dalam pelaksanaannya melibatkan stake holder terkait.

“Saya imbau masyarakat, terutama penyelenggara pelaksanaan kurban agar menggunakan pembungkus daging kurban yang ramah lingkungan atau yang mudah terurai oleh tanah,seperti besek kelapa, besek bambu, besek daun pandan daun jati, daun pisang dan wadah makanan yang bisa dipakai berulang,” ujar Irwan Prayitno di Padang, Kamis (8/8).

Dia menyatakan, bupati/walikota se-Sumbar harus menyebarluaskan bahan kampanye dan edukasi publik berupa kontel digital “Idul Adha Tanpa Kantong Plastik” melalui media sosial dan media lainnya. Serta mengajak masyarakat mendukung kampanye tersebut agar lingkungan menjadi bersih dan nyaman.

“Ini untuk menekan penggunaan plastik yang semakin hari terus membludak, hingga mengotori lingkungan kita. Kia harap masyarakat bisa bekerja sama,” sebut dia.

Bupati/walikota, lanjut dia, harus membuat surat ederan keseluruh camat, lurah, perangkat nagari serta instansi terkait untuk melaksanakan kampanye dan edukasi penggunaan kemasan ramah lingkungan kepadapengurus masjid/mushalla dan masyarakat serta penyelenggara pelaksanaan kurban.

Tidak hanya itu, sambungnya, pemerintah daerah kabupaten/kota melalui dinas terkait harus melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan peninjauan langsung ke lapangan untuk memastikan bahwa kemasan daging kurban yang digunakan adalah kemasan ramah lingkungan.

Dilain kesempatan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar, Erinaldi juga mengimbau pengurus kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam dalam mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat.

“Kantong plastik bewarna gelap tidak bagus untuk mengemas daging kurban yang masih segar atau basah, karena bisa memberikan dampak yang tidak bagus pada kesehatan,” sebut dia.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...