Gubernur Sumbar Respon Cepat Bencana Banjir Lahar Dingin di Agam dan Tanah Datar

Tanah Datar – Bencana banjir lahar dingin yang melanda Kabupaten Agam dan Tanah Datar pada 5 April 2024, menjadi perhatian serius Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

Gubernur langsung bergerak ke lokasi terdampak, yaitu di Nagari Aia Angek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar dan Nagari Batu Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Sabtu, 6 April 2024.

“Kita harus bertindak cepat mengingat keterbatasan waktu dan kondisi cuaca,” tegas Mahyeldi.

Pengerukan aliran sungai dan pembersihan material dari badan jalan menjadi prioritas utama untuk mencegah korban jiwa dan memastikan kelancaran arus lalu lintas.

“Kita harus mencegah agar masyarakat tidak mengalami penderitaan lebih lanjut akibat bencana ini,” tambah Mahyeldi.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumbar, Fathol Bari, menyampaikan bahwa pengerukan dan pelebaran aliran sungai akan segera dilakukan.

“Dalam satu dua hari ke depan, kami akan melakukan pengerukan sedimen sungai dan memotong tiang di bawah jembatan untuk meningkatkan kelancaran aliran air,” jelas Fathol.e

Sejumlah personil dan alat berat dari Dinas PSDA dan Dinas BMCKTR Sumbar telah dikerahkan ke lokasi terdampak sejak Sabtu pagi.

Gubernur Mahyeldi melakukan peninjauan di lokasi bersama dengan Kepala Bappeda, Medi Iswandi; Kepala Dinas BMCKTR, Era Sukma Munaf; dan sejumlah kepala dinas terkait.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.