Heboh Harga Karcis, Dinas Pariwisata Padang Sebut Tarif Masuk Pantai Air Manis Dipungut Pemuda Setempat

  • Bagikan
Foto : internet

Padang – Objek wisata pantai air manis, di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang ramai diperbincangkan. Bukan karena keindahannya, tetapi karena beredarnya informasi tentang harga tiket melejit naik.

Banyak masyarakat yang membicarakan di dalam gup whatsapp, mengalami kejadian saat masuk ke pantai air manis mengeluarkan biaya yang tinggi menembus Rp100 ribu.

“Tiga karcis masuk, satu karcis parkir dikenakan Rp100 ribu,” begitulah isi pesan yang beredar ke sejumlah grup whatsapp, pada Rabu, 19 Mei 2021.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Padang, Arfian mengatakan bahwa pihaknya mengaku biaya karcis itu bukan dipungut oleh pihaknya, melainkan pemuda setempat.

“Itu bukan dari kami, itu dilakukan oleh oknum pemuda,” kata Arfian saat dihubungi Padangkita.com via telepon.

Arfian menyebut kelompok  pemuda tersebut dipimpin oleh seorang pria berinisial AB, dengan bersikap kucing-kucingan dengan petugas.

“Ketika petugas kepolisian ada, mereka menghilang, ketika pergi mereka datang lagi, pengunjung juga diarahkan ke tempatnya, sehingga masuk ke dalam jebakan itu tadi,” katanya.

Ia mengatakan, pintu masuk ke Pantai Air Manis bersifat satu pintu di gerbang utama menggunakan karcis dengan tarif yang berbeda. Untuk tarif satu mobil dipatok tarif Rp5 ribu, motor Rp3 ribu dan per kepala dikenakan sebesar Rp5 ribu.

“Itu dikelola oleh pihak ketiga dari PSM dan itu tidak tunai, menggunakan kartu Brizzi, demi menghindari pungli itu tadi,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan dari salah satu media, bahwasanya wisata tersebut mulai di datangi oleh sejumlah wisatawan  pasca ditutup sementara sejak Jumat 14 Mei 2021 hingga Minggu 16 Mei 2021.

  • Bagikan