Jadi Tuan Rumah Apeksi XV, Wako Padang: Ekonomi yang Turun Bisa Bangkit Lagi !

Walikota Padang, Hendri Septa dalam pembukaan Rakernas Apeksi. Foto: Internet

Padang – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XV yang digelar di Padang pada 7-10 Agustus 2022. Dengan status tuan rumah, Walikota Padang, Hendri Septa berharap dengan kegiatan ini, ekonomi yang turun akibat pandemi bisa bangkit lagi.

“Rakernas Apeksi di Padang dihadiri 94 wali kota dengan jumlah delegasi mencapai 5.000 orang yang memberikan banyak dampak kepada perekonomian,” kata Hendri  pada pembukaan Rakernas Apeksi XV pada Senin, 8 Agustus 2022

Harapan ini tentunya mengingat kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini diperkirakan menghasilkan perputaran sekitar Rp 20 Miliar.

Pemerintah kota Padang telah menggelontorkan dana lebih dari Rp15 miliar untuk pelaksanaan kegiatan. Dana ini bersumber dari APBD kota serta kontribusi swasta.

Beberapa rincian yang disebutkan diantaranya, transportasi udara mencapai Rp7,5 miliar, transportasi darat mencapai Rp500 juta untuk kebutuhan kendaraan, belanja konsumsi Rp500 juta dan sewa hotel selama pelaksanaan kegiatan mencapai Rp2 miliar.

Selain itu, pameran kota seluruh Indonesia di hari pertama, perputaran uang telah mencapai Rp400 juta dan transaksi kegiatan Youth Center Rp100 juta.