Jelang Pilkada 2020, KPU Pessel Gelar Seminasi Peraturan Pencalonan

Pesisir Selatan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan mengadakan Seminasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati Pilkada serentak 2020, pada Selasa 4 Agustus 2020 di Hotel Hannah Painan.

Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar saat membuka acara mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan karena peraturan tentang pencalonan tersebut sudah melalui perubahan sebanyak tiga kali.

Dr. Khairul Fahmi, SH dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Padang selaku narasumber menjelaskan, melalui forum ini peserta dapat memahami sejumlah aturan terkait penyelenggaraan Pilkada, terutama bagi Parpol.

Dalam penyelenggaraan Pilkada, KPU Pesisir Selatan akan melakukan pertemuan rutin dengan unsur Parpol, terutama sehubungan dengan persiapan pendaftaran pasangan calon dari gabungan Parpol.

“Saya berharap setiap Senin, Parpol diminta hadir di KPU persiapan tentang pencalonan. Pertemuan tersebut sangat penting, sehingga tidak ada kesalahan dalam proses pendaftaran pasangan calon,” jelasnya.

Diketahui, peserta Pilkada serentak tahun ini berasal dari 2 jalur yaitu jalur Parpol dan jalur perseorangan.

Sementara itu, di Kabupaten Pesisir Selatan tidak ada pasangan calon dari jalur perseorangan.

Karena itu KPU Kabupaten Pesisir Selatan nantinya akan menerima pasangan calon bupati dan wakil bupati dari gabungan Parpol sesuai dengan regulasi.

Sementara Kabag Kesbangpol Setdakab Pesisir Selatan, Hardi Darma Putra mengatakan, setiap regulasi harus diketahui dan dipahami oleh semua pihak terkait dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini.

“Kita berharap Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan berjalan lancar dan kondusif. Oleh karena itu sangat dibutuhkan dukungan semua pihak, sehingga tercipta Pilkada serentak yang bermartabat,” ujar Hadi.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...