Presiden Jokowi Setujui Lanjutan Program Bantuan Pangan Beras untuk KPM

Jokowi Perintahkan Bansos Beras 10 Kg Lanjut Sampai Desember

Jakarta – Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan bahwa pemerintah akan melanjutkan pelaksanaan program bantuan pangan berbentuk beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hingga akhir tahun. Keputusan ini diambil setelah rapat terbatas yang diadakan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di area Istana Kepresidenan pada Selasa (24/10/2023).

“Dalam rapat, Presiden Jokowi memerintahkan agar program bantuan beras dilanjutkan hingga bulan Desember,” ujar Airlangga dalam keterangannya.

Sebelumnya, program bantuan penyaluran beras ini telah diberikan pada bulan September, dengan jumlah sebesar 10 kilogram kepada 21,3 juta KPM. Program bantuan pangan ini dijadwalkan akan terus diberikan hingga bulan November sebagai upaya untuk meredam inflasi yang timbul akibat fenomena iklim El Nino. Ini merupakan tahap kedua dalam penyelenggaraan program tersebut, sementara tahap pertama telah dilaksanakan pada periode Maret-Mei 2023.

Selain membahas program bantuan beras, dalam rapat tersebut, Menteri Airlangga juga mengungkapkan bahwa perlindungan sosial akan diperkuat melalui pemanfaatan data dari Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

“Presiden juga memerintahkan bahwa data ini akan dimanfaatkan untuk program-program seperti Indonesia Pintar, bantuan sembako, BLT desa, bantuan subsidi pupuk, subsidi LPG, subsidi listrik, dan kartu pra-kerja,” tambah Airlangga.

Oleh karena itu, instruksi presiden akan segera disusun untuk memandu penggunaan data tersebut oleh instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik, Kementerian Keuangan, hingga Bappenas.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.