Kejurnas Barongsai Ditabuh, 13 Provinsi Pastikan Ikut Serta

Fhoto : Penampilan para atlet olahraga Barongsai Indonesia saat tanding Kejurda di Gor HTT, Pondok, Padang. (DOK. KARIADIL HAREFA/FOBI SUMBAR)

PADANG, KABARSUMBAR.COM – Ratusan peserta Kejuaraan Nasional Federasi Olahraga Barongsai Indonesia merapat di Padang. FOBI Sumbar selaku tuan rumah memusatkan pertandingan tersebut di GOR Himpunan Bersatu Teguh (HBT), Pondok, Padang Barat.

Ketua FOBI Sumbar, Iswanto Kwara menyampaikan kepada wartawan, Kejurnas digelar selama tiga hari, mulai Jumat (09/11) hingga Minggu (9-11) mendatang. Sambungnya, Kejurnas Barongsai 2018 di Padang ini akan mempertandingkan sembilan kategori, yakni naga taolu bebas, naga halang rintang, naga kecepatan, barongsai tradisional, barongsai halang rintang, barongsai taolu bebas, barongsai kecepatan, pekingsai taolu bebas, pekingsai kecepatan.

Tambah Iswanto, sebanyak 13 Pengprov dari berbagai daerah di Indonesia pastikan ikut serta dalam kejurnas ini. Meskipun pembukaan digelar malam, akan tetapi Jumat pagi sudah dilaksanakan pertandingan.

“Pagi besok (Jumat ini) sudah digelar pertandingan dan malamnya pembukaan,” kata Ketua FOBI Sumbar, Iswanto Kwara, Kamis (8/11).

Ia menjelaskan, pembukaan ini semula dijadwalkan akan ditabuh oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani serta Menpora Imam Nahrawi, namun dikarenakan jadwal kedua menteri padat, sehingga perhelatan ini akan dibuka oleh Sekdaprov Sumbar, didampingi para pejabat lainnya, baik dari KONI Sumbar, Dispora Padang, Walikota dan Ketua DPRD Padang.

“Kita sudah konfirmasi waktu itu ke pusat, jadwal dari kedua sangat padat ketika dikonfirmasi ulang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Johnson Salean menambahkan, saat ini panitia sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi kejurnas ini, baik dalam menyambut peserta, official maupun menyambut tamu dari PB FOBI Pusat.

Para peserta ini katanya, sudah sebagian daftar ulang dalam mengikuti Kejurnas Olahraga Barongsai Indonesia. Selain itu, ini merupakan panggung bagi para atlet, sebagai pemanasan sambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 tahun 2020 di Papua.

“Selain bertanding, tentunya para tamu dapat menikmati wisata daerah kita dan saat ini para tamu dari berbagai provinsi mengisi kamar hotel yang ada di Padang,” tutup Johnson Salean. (ril)

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...