Kemenpora Upayakan Sertifikat Internasional untuk Dukung Tenaga Pelatih

Kemenpora Upayakan Sertifikat Internasional untuk Dukung Tenaga Pelatih. Foto: Dok Kemenpora RI

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) menyinggung terkait upaya peningkatan kualitas tenaga pelatih pada saat penyampaian kuliah umum Universitas Negeri Semarang pada Jumat (25/2). Untuk itu, Kemenpora RI akan siap memfasilitasi para tenaga pelatih untuk memiliki sertifikat internasional.

Hal tersebut ia sampaikan karena mengingat Indonesia yang masih sangat kekurangan pelatih bersertifikan internasional. Menpora Amali menilai perlu adanya pelaksanaan standar-standar kepelatihan bagi tenaga pelatih.

“Kita memang sangat kurang dukungan pelatih  hal ini dikarenakan siapapun bisa jadi pelatih. Orang bisa menjadi pelatih hanya dengan kursus satu bulan. Dia sudah mendapatkan  sertifikat kepelatihan,” ujarnya.

“Sedangkan mahasiswa yang kuliah 4 tahun itu belum tentu bisa diterima sebagai pelatih karena dia tidak punya sertifikat. Makanya saat mereka lulus dikasih tambahan sertifikat kepelatihan tetapi tentu standar-standar kepelatihan yang ada di cabor itu harus  mereka miliki,” lanjutnya.

Menpora Amali mengingatkan bagi mahasiswa yang akan lulus untuk tidak hanya mengharapkan ijazah secara cuma-cuma, tetapi juga perlu adanya sertifikat.

“Sedangkan mahasiswa yang kuliah 4 tahun itu belum tentu bisa diterima sebagai pelatih karena dia tidak punya sertifikat. Makanya saat mereka lulus dikasih tambahan sertifikat kepelatihan tetapi tentu standar-standar kepelatihan yang ada di cabor itu harus  mereka miliki,” ucapnya.

Tak hanya untuk mahasiswa fresh graduate, Menpora Amali juga menyebutkan bahwa guru-guru pendidikan jasmani (penjas) juga berhak mendapatkan pelatihan di daerah mereka berada.

“Tapi karena belum  diintegrasikan maka tidak bisa. Melalui Desain Besar Olahraga Nasional ini maka kita integrasikan. Karena kira harus kejar ketertinggalan itu,” tutupnya.

Sebelum itu, Menpora Amali fokus membicarakan peran IPTEK olahraga dan mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan IPTEK Olahraga ini. Hal tersebut dikarenakan topik utama dari kuliah umum ini yaitu Peran IPTEK Olahraga dalam Pembangunan Olahraga Nasional.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.