Kementerian Perdagangan Siapkan Strategi Perdagangan Hadapi Resesi

Kabarsumbar.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan usaha untuk menaikkan perdagangan untuk menghadapi resesi di Indonesia.  Hal ini didasarkan pada arahan Jokowi terkait akan dilakukannya penaikan terhadap perdagangan dalam dan luar negeri.

Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan menyampaikan pikirannya terkait langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menaikkan perdagangan. Menurutnya, untuk meningkatkan perdagangan luar negeri, Kemendag akan melakukan sejumlah langkah, seperti membuka akses dan jaringan pasar bagi produk-produk Indonesia.

Adanya pengamanan terhadap perdagangan menurutnya juga perlu dilakukan, agar kebijakan perdagangan luar negeri Indonesia bisa berjalan baik. Selain itu juga terus memperjuangkan kepentingan serta kedudukan Indonesia, dalam rantai pasok global.

Sementara untuk meningkatkan perdagangan dalam negeri menurutnya perlu untuk mengamankan ketersediaan dan keterjangkauan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat.

“Kemudian, meningkatkan dukungan infrastruktur dan sarana perdagangan, memperlancar perdagangan bahan baku dan bahan pendukung industri, melakukan transformasi sistem perdagangan menuju digitalisasi, membina dan meningkatkan kapabilitas pelaku perdagangan dan lain-lain,” ucap Jerry, pada Jumat (21/10/2022).

Jerry optimis ekonomi Indonesia akan makin tumbuh dan bertahan.  Meskipun beberapa negara lain, termasuk negara maju juga mengalami resesi

“Kita menggarap dengan serius potensi-potensi perdagangan sekaligus membuka pasar-pasar non tradisional untuk pengembangan ekspor, dan juga memunculkan serta membina komoditas perdagangan baru seperti aset kripto,” ucap Jerry.

Jerry juga menyampaikan pendapatnya bahwa perdagangan Indonesia akan makin kuat dengan dukungan seluruh instansi dan pelaku usaha yang semakin kreatif dalam mengelola potensi ekonomi masyarakat.