Indeks

Kementrian PUPR Pessel Serahkan 30 Unit Rumah Khusus Nelayan di Kecamatan Lengayang

  • Bagikan
Kementrian PUPR Pessel Serahkan 30 Unit Rumah Khusus Nelayan di Kecamatan Lengayang
Penyerahan bantuan rumah khusus nelayan yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pesisir Selatan – Guna membantu masyarakat nelayan agar bisa memiliki rumah yang layak untuk di tempati, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menyerahkan bantuan sebanyak 30 unit rumah khusus nelayan di Nagari Kambang Barat Kecamatan Lengayang, Rabu 28 Juli 2021.

Penyerahan bantuan rumah khusus nelayan yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia itu, juga didampimgi oleh kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Pessel, Mukhridal, Camat Lengayang, Zoni Eldo, dan beberapa pejabat eselon II dan III lainnya di lingkugan Pemkab Pesisir Selatan.

“Bantuan rumah khusus nelayan yang diserahkan saat ini merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah melalui bantuan pusat dalam meningkatkan kesejahteraan para nelayan di daerah ini,” katanya.

Dari itu dia berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan.

“Kepada keluarga penerima bantuan saya juga berharap agar rumah ini dijaga, dibersihkan dan dirawat agar terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu pekarangan yang ada juga dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis yang bermanfaat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perkimtan Pessel, Mukhridal, menjelaskan bahwa dengan masih banyaknya masyarakat nelayan yang tinggal di rumah yang tidak layak huni di daerah itu, sehingga akan tetap berupaya untuk pusat agar bantuan itu bisa terus didapatkan pada tahun-tahun berikutnya.

“Kita sangat berterima kasih, karena setiap hari selalu menjadi prioritas untuk mendapatkan keuntungan dari rumah khsusu nelayan ini. Sebab hingga saat ini masih banyak masyarakat nelayan yang tinggal di rumah yang tidak huni,” katanya.

Dijelaskannya bahwa tahun 2020 lalu, bantuan rumah khusus nelayan juga telah disalurkan kepada 25 kepala keluarga (KK) di Carocok Tarusan, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Dia menjelaskan bahwa semua rumah tersebut telah dipasang jaringan listrik, air bersih.

Ditambahkan juga bahwa pembangunan rumah itu merupakan salah satu program nasional dalam rangka memberikan tempat tinggal yang layak bagi nelayan.

“Sebab, para nelayan yang di bawah ini sudah layak dibantu melalui program bantuan pembangunan rumah layak huni. Sejak tahun 2017 hingga sekarang bantuan pembangunan rumah layak huni khusus nelayan yang didapatkan oleh Pessel mencapai 305 unit,” terangnya.

  • Bagikan