Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan Agam Salurkan 7.000 Bibit Tanaman

Ilustrasi bibit tanaman
Ilustrasi.

Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam menyerahkan 7.000 bibit tanaman pangan produktif berbagai jenis kepada masyarakat selama tahun 2017.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto menyebutkan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat Agam.

“Bibit tananam yang disalurkan kepada masyarakat tersebut adalah bibit petai, jengkol, pokat, lengkeng, duku, jambu mente, durian, dan pepaya,” kata Ermanto di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Selasa (3/10/2017).

Ermanto menjelaskan, bibit yang disediakan itu berasal dari tiga tempat pembibitan diantaranya, Rumah Dinas Bupati Agam, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan di Padang Baru Lubuk Basung dan BBI Kecamatan Palembayan.

Bibit tersebut akan dibagikan kepada warga secara gratis untuk ditanam di halaman rumah mereka. Hal ini dilakukan guna meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Agam.

Menurut Ermanto, pembibitan ini untuk mendukung Program Agam Menyemai yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam.

“Pihaknya menargetkan pada tahun 2018 akan menyediakan 10 ribu bibit tanaman pangan, yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis,” jelas Ermanto.

Selain melakukan pembibitan tanaman produktif, dikatakan Ermanto, pihaknya juga melakukan pembibitan ikan jenis nila, mas, koi, dan lele di BBI Gumarang, Kecamatan Palembayan dan BBI Kecamatan Lubuk Basung. “Bibit ikan ini dibagikan kepada masyarakat,” tutup Ermanto.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...