KI Sumbar Selesaikan Verifikasi 161 Badan Publik di 19 Daerah

Foto : Internet

Padang – Komisi Informasi Sumatera Barat (KI Sumbar) telah sukses menyelesaikan proses verifikasi faktual terhadap 161 Badan Publik (BP) di 19 kabupaten dan kota selama empat minggu. Tim KI Sumbar melibatkan pengecekan data, sarana, prasarana, serta evaluasi komitmen dan konsistensi pimpinan BP.

Evaluasi KI Sumbar mencatat peningkatan jumlah BP yang diverifikasi, dari 134 BP tahun 2022 menjadi 161 BP pada tahun 2023. Ini mencerminkan kesadaran BP terhadap keberadaan PPID yang diukur melalui passing grade hasil kuisioner.

Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska menyatakan bahwa hasil ini menunjukkan kesadaran BP terhadap keberadaan PPID. Selama empat minggu verifikasi, Tim KI Sumbar tidak hanya menilai kepatuhan terhadap standar layanan informasi publik, melainkan juga melakukan evaluasi terhadap komitmen, koordinasi, komunikasi, kolaborasi, dan konsistensi pimpinan BP.

“Hasilnya, terdapat perbaikan yang terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Nofal.

Selanjutnya, KI Sumbar akan memilih 3 badan publik dengan nilai tertinggi di 10 kategori untuk mempresentasikan inovasi dan strategi mereka di hadapan panelis pakar keterbukaan informasi publik.

Presentasi inovasi dan strategi akan digelar selama tiga hari, mulai 29 November hingga 1 Desember 2023. “Panelis yang terlibat merupakan para pakar di bidang keterbukaan informasi publik,” tambahnya.

Nofal menjelaskan bahwa proses verifikasi bukan hanya evaluasi rutin, melainkan momentum penting bagi perbaikan dan inovasi di kalangan BP.

Presentasi dan seleksi BP terbaik menjadi langkah selanjutnya dalam mendorong transparansi dan keterbukaan informasi di Sumatera Barat.

“Tanggal 29 November hingga 1 Desember 2023 akan menjadi momen penting dalam menampilkan upaya nyata menuju pelayanan publik yang lebih baik,” kata Nofal.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.